Acara Gemarikan Denpasar, berhasil Curi Perhatian Walikota Rai Mantra Serukan Ajakan Gemar Makan Ikan - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Kamis, 19 Oktober 2017

Acara Gemarikan Denpasar, berhasil Curi Perhatian Walikota Rai Mantra Serukan Ajakan Gemar Makan Ikan

Denpasar,Balikini.Net - FORIKAN (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional) Kota Denpasar ajak masyarakat khususnya anak-anak di Kota Denpasar untuk gemar makan ikan dengan menyelenggarakan acara yang bertajuk Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang bertempat di Wantilan Desa Pakraman Peguyangan, Denpasar, Kamis (19/10). Acara yang digagas oleh Ny. Selly Dharma Wijayamantra selaku ketua Forikan Kota Denpasar dikemas dengan berbagai lomba seperti lomba memasak ibu-ibu PKK dari perwakilan masing-masing kecamatan di Kota Denpasar, lomba ngelilit sate, dan penebaran benih ikan yang diikuti oleh anak-anak SD di lingkungan Desa Peguyangan Denpasar dan keterlibatan kelompok pengolah dan pembudidaya ikan.
Kegiatan yang perdana digelar ini adalah bentuk inovasi dan gebrakan baru Pemerintah Kota Denpasar bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar. Secara khusus Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra hadir dan mengapresiasi pelaksanaan program baru ini. “Saya sangat mengapresiasi acara ini, konsepnya cerdas terlebih melibatkan anak-anak yang terlihat sangat antusias, kedepan ini bisa dilanjutkan tentunya dengan inovasi-inovasi  lainnya”, ungkapnya.
Dengan menyuarakan ayo makan ikan : agar sehat, kuat, dan cerdas, acara ini dibuka langsung oleh Walikota Rai Mantra bersama Ny Selly Dharmawijaya Mantra, dan Ketua Gatriwara Kota Denpasar Ny. Purwati Ngurah Gede, dengan menyuapkan makanan olahan ikan kepada perwakilan peserta. Kegiatan yang perdana dilakukan ini juga turut serta dihadiri oleh Ketua WHDI Kota Denpasar Ny Antari Jaya Negara, dan Ketua DWP   Kota Denpasar Ny. Kerti Iswara.  
Ny Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan bahwa Gemarikan ini mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan kecerdasan masyarakat, karena melalui makan ikan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah, maka kesehatan masyarakat akan terjamin, anak-anak semakin cerdas dan kuat. “kita ketahui bahwa ikan sangat banyak manfaatnya, kandungan protein, mineral, asam amino dan Omega-3 sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak”, ungkapnya. Acara  ini adalah bentuk ajakan dan sosialisasi terkait dengan pentingnya untuk mengkonsumsi ikan sejak dini khususnya bagi anak-anak.
Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar A.A. G Bayu Brahmasta mengatakan tujuan dari gerakan ini adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama anak-anak untuk sejak dini gemar mengkonsumsi ikan, “Selain itu kegiatan ini juga untuk mendorong minat masyarakat menciptakan menu baru berbahan dasar ikan, agar minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan meningkat”, ungkapnya.
Kegiatan ini diikuti oleh 236 orang anak-anak sekolah dasar SDN 3, SDN 6, SDN 8 dan SDN 12 Peguyangan, ibu-ibu PKK, dan kelompok pengolah dan pembudidaya ikan di Kota Denpasar.
Salah satu siswa SD peserta lomba ngelilit sate, Wira mengaku sangat senang mengikuti loma ini. “pertama kali ikut lomba ngelilit sate, agak susah tapi senang karena bisa belajar”, ujarnya.
Hal senada juga disampaikan oleh peserta lomba masak Nyoman Murniasih, PKK dari Desa Peguyangan Kaja mengaku senang dengan kegiatan ini, dan berharap tahun tahun berikutnya diadakan kembali. (dda/r5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net