Bupati Giri Prasta Hadiri Tawur Balik Sumpah Desa Pererenan Mengwi Serahkan 1,2 M dana Hibah - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Minggu, 15 Oktober 2017

Bupati Giri Prasta Hadiri Tawur Balik Sumpah Desa Pererenan Mengwi Serahkan 1,2 M dana Hibah

Badung, Balikini.Net - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta pada, Sabtu (13/10) lalu, menghadiri upacara karya Ngenteg Linggih Mepedudusan Agung, Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Babadan Desa Pererenan Kecamatan Mengwi. Turut mendampingi Bupati, Anggota DPRD Kab Badung Ida Bagus Alit Argapatra, Camat Mengwi I Gst Ngr Jaya Saputra, Tripika Kec Mengwi, Plh. Perebekel Pererenan Ketut Gede Sasmita, Perebekel Tumbak Bayuh Nyoman Sarjana, Wakil Ketua DPC PDIP Badung Bagus Alit Sucipta, Bendesa Adat Pererenen dan Bendesa Adat Tumbak Bayuh serta tokoh masyarakat setempat.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta melaksanakan persembahyangan bersama dengan masyarakat dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan Bupati Giri Prasta meyerahkan dana hibah Rp. 1.2 miliar yang diterima Ketua Panitia Si Made Sukrayana.
Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta sangat mengapresiasi pelaksanaan Karya di Pura Dalem Babadan yang pembangunannya dikerjakan secara gotong royong. Menurutnya, Pemkab Badung sudah melaksanakan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berancana (PPNSB) semesta itu menyeluruh dan berencana itu terpola. Dalam PPNSB terdapat lima program yang menjadi sekala prioritas pembangunan yang merupakan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Badung, yaitu pangan sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni adat agama dan budaya, pariwisata. "PPNSB di Badung sudah berjalan dengan baik, dan kami Pemkab Badung komit memberikan pelayanan gratis dibidang kesehatan dan pendidikan begitu program bedah rumah serta pelestarian seni budaya. Kami pemerintah Kabupaten badung juga akan membantu memberikan santunan kepada penunggu pasien, pembayaran PBB gratis dan WIFI gartis dari ujung utara sampai ujung selatan di Kab Badung.
Sehingga di desa pererenan tidak ada lagi keluarga miskin, dengan PPNSB ini kami harapkan keluarga miskin di pererenan menjadi nol persen" ujar Bupati.

Lebih lanjut dikatakan bahwa simpul pembangunan di Badung dimulai dari masyarakat, untuk itu Bupati siap mendukung dan bertanggung jawab atas pembangunan di desa sehingga kedepan desa-desa di Badung menjadi desa berdikari dan mandiri yaitu desa yang mampu berdiri diatas kaki sendiri. "kami Pemkab Badung komit melaksanakan percepatan pembangunan di desa, karena simpul pembangunan ada di desa. Mulai tahun 2018 nanti juga mengambil kebijakan untuk memberikan gaji kepada Pemangku Pura Kahyangan Tiga se-Badung,"tegas Bupati. Bupati juga mengingatkan kepada anak-anak dan generasi muda yang ada di wilayah desa pererenan untuk menjauhi barang terlarang, jauhi mabuk-mabukan, geng motor yang mengganggu kepentingan umum.
 Sementara itu Ketua Penitia Karya Pura Dalem Babadan Si Made Sukaryana menyanpaikan terima kasih atas bantuan dana hibah Rp. 1,2 miliar dari Bupati Badung. Bantuan dana Rp.1,2 miliar ini sangat meringankan beban pembiayaan masyarakat untuk biaya Karya. Terkait rangkaian karya yang dilaksanakan yaitu Karya Pedudusan Agung Tawur Balik Sumpah Utama yang puncaknya jumat  (27/10) yang akan datang. Eedan karya sudah berlangsung dari matur piuning, nuntun ida betara selasa (22/8), nyukat gebah kamis (5/10), nunas pengrajeg karya sabtu (7/10), ngingsah melaspas bagiya pula kerti minggu (15/10), mepepada tawur selasa (17/10) memben tawur kamis (19/10), tawur balik sumpah utama jumat (20/10), mendem pedagingan sabtu (22/10), memben karya selasa (26/10),  puncak karya jumat (27/10). Nganyarin sabtu (28/10) sampai rabu (01/11) dan ida betara kasineb jumat (3/11). Pura dalem babadan keempon dari empat kabupaten yaitu Badung, Tabanan,  Negara dan Buleleng dengan jumlah 131 KK. Terkait Program PPNSB, saat ini sudah sangat dirasakan masyarakat pererenan, dilihat dari banyaknya bantuan yang telah diterima seperti bantuan mobil pecalang dana aci serta dana pembangunan yang sekaligus dapat meringankan beban masyarakat. "kami atas nama krama sangat berterima kasih atas bantuan Bupati dan DPRD Badung. Tentunya kami harapkan Bupati terus memberikan tuntunan serta bantuan untuk kelanjutan pembangunan di desa pererenan. Kami bersama masyarakat akan selalu siap mendukung program dari Bupati maupun Pemerintah Kab Badung" tutupnya.(bd/r3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net