Datangi Disducapil Buleleng, Komisi I DPRD Bali Tanyakan Pendataan Pengungsi Gunung Agung - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Selasa, 17 Oktober 2017

Datangi Disducapil Buleleng, Komisi I DPRD Bali Tanyakan Pendataan Pengungsi Gunung Agung

Singaraja ,Balikini.Net -  Komisi I DPRD Bali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buleleng,  Jumat (13/10/2017). Rombongan dipimpin langsung Ketua Komisi I DPRD Bali I Ketut Tama Tenaya, dan didampaingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali yang juga Koordinator Komisi I DPRD Bali I Gusti Bagus Alit Putra.

Mereka diterima Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Buleleng dan Kabid PMK I Wayan Pama, seserta para Kasi di Kantor Disdukcapil Buleleng.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris DisdukcapilKabupaten Buleleng menjelaskan, Buleleng merupaka Kabupaten terluas di Bali dan memiliki penduduk terbanyak sebanyak 814.356 orang.

Sebagian besar penduduk Buleleng sudah memiliki KTP Elektronik (e-KTP) yang digunakan untuk seumur hidup. Namun KTP tersebut bisa diganti apabila rusak, ubah data dan hilang.

Dari 814.356 penduduk Kabupaten Buleleng, yang wajib KTP 595.358 orang. Mereka yang sudah terekam e-KTP sebanyak 544.892 orang (91.52%), yang belum terekam e-KTP 50.493 (4.48%), dan yang sudah memiliki e-KTP sevanyak 479.916 (88.08%)

Untuk penduduk yang masih dibawah umur atau yang masih pelajar sudah dibuatkan KIA (Kartu Indentitas Anak), yang bisa digunakan untuk daftar sekolah dan pelayanan publik. 

Pendataan penduduk dari lluar Kabupaten Buleleng sudah diefektifkan pendataan keliling, yabg baru sampai di Sekolah Bali Mandara. Sosialisasikan terus dilakukan setiap Sabtu dan Minggu.

Di kantor Disdukcapil Buleleng memiliki 116 orang pegawai; 36 PNS, kontrak dinas 78 orang dan Harian Daerah 2 orang.  Jumlah SDM tersebut memang banyak karena mereka wajib turun ke lapangan untuk mendata penduduk. Berbeda dengan dulu, pihakmya menunggu penduduk mendaftar ke Disdukcapil.

Anggota komisi I DPRD Bali asal Dapil Buleleng  Komang Nova Sewi Putra menanyakan pendataan pengungsi Gunung Agung yang berada di wilayah Buleleng. Menanggapi pertanyaan tersebut, Sekretaris Disdukcapil Buleleng menjelaskan bahwa, mulai awal pekan ini seluruh OPD Kabupaten Singaraja akan menugaskan masing-masing staff untuk ikut terjun ke lapangan mendata pengungsi yang berada di pengungsian baik pengungsi mandiri maupun di balai desa.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net