Jelang Rampung , Kesiapan Pasar Banjar Tengah Disidak Wabup - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Jumat, 20 Oktober 2017

Jelang Rampung , Kesiapan Pasar Banjar Tengah Disidak Wabup

Jembrana ,Balikini.Net - Revitalisasi Pasar Pagi Banjar Tengah , Kecamatan Negara mendekati tahap akhir pekerjaan . Jelang rampung,  Pasar yang menampung 20 los pedagang, 42 kios serta los khusus pedagang ikan sebanyak 20 orang dicek oleh Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan, jumat ( 20/10). Turut mendampingi dalam sidak itu Kadis Koperindag UKM Made Gede Budhiarta.

Wabup ingin pasar pagi Banjar Tengah ini akan menjadi rode model bagi penataan pasar tradisional lainnya di Jembrana . Sebagai role model, Wabup menyoroti proses revitalisasi pasar yang tengah berjalan. Tidak hanya soal kebersihan serta fisik pasar, tapi bagaimana  juga nantinya pasar ini dijalankan dengan manajemen yang baik. Dijelaskannya, dengan kondisi pasar yang bersih dan nyaman, maka transaksi akan semakin lacar dan banyak ,mendorong pembeli semakin ramai lagi berbelanja.

Disamping  adanya los dan kios baru, penataan pasar Anyar  Banjar tengah itu juga makin cantik dengan ditatanya trotoar depan pasar. Perbaikan  trotoar ini akan melengkapi infrastruktur  pasar dimana sebelumnya, sepanjang jalan yudistira yang merupakan akses utama pasar sudah mulus dengan hotmix.

Trotoar sepanjang 715 meter yang saat ini sedang dibangun juga dilengkapi paving alur pada bagian tengah yang memudahkan warga penyandang cacat melintas. Sedangkan didepan pasar maupun setiap jalan masuk rumah warga dipasang kanstein kursi guna memudahkan keluar masuk kendaraan. Sepanjang  5 meter trotoar itu  dibuatkan man hole guna kelancaran saluran air.

Guna mendukung estetika jalan, Wabup Kembang meminta ketinggian trotoar itu tidak lebih dari 20 cm. Sehingga  tidak terlalu tinggi dengan permukaan jalan.Kemiringan saluran drainase  juga diminta diperhatikan agar aliran air dari utara ke selatan lebih lancar, tidak ada genangan yang menimbulkan kesan jorok seperti dulu. Selain itu, Ia juga meminta kepada dinas terkait untuk memotong beberapa pohon angsana yang tumbuh tepi jalan depan pasar..
Pohon itu akan diganti dengan pohon  tangi yang lebih cantik serta akarnya tidak  terlalu membahayakan bangunan.

" Sebagai role mode,kita ingin proses revitalisasi pasar ini berjalan dengan baik,baik kualitas,spek maupun waktu pengerjaannya.Sehingga tujuan revitalisasi pasar guna mendorong pasar rakyat yang lebih baik,moderen berdaya saing serta meningkat dalam hal pelayanan bisa terwujud,"ucap Kembang.

Sementara Kadis Koperindag Jembrana I Made Gede Budhiarta menjelaskan, penataan pasar lanjutan lai ini merupakan revitaslisasi lanjutan dengan anggaran sebesar Rp 1,3 M guna membangun kios dan los baru serta penataan halaman depan, setelah pada tahap sebelumnya membangun bangunan fisik didalam pasar. Rencananya awal bulan depan proyek itu sudah bisa rampung dan dioperasikan.  (abhi/r7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net