Masyarakat Pangkung Paruk Senang Ada MCK Umum - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 16 Oktober 2017

Masyarakat Pangkung Paruk Senang Ada MCK Umum

Singaraja, Balikini.Net -  Desa Pangkung Paruk Kecamatan Seririt selama ini memang dikenal karena letaknya terpelosok dan kondisi medannya lumayan menantang dan berada di perbukitan. Masyarakatnya tergolong masih memiliki keterbatasan baik dalam bidang pendidikan dan  kesehatan maupun fasilitas umum berupa akses jalan masuk  dusun yang tidak memadai serta yang tidak kalah pentingnya sarana MCK untuk kepentingan sanitasi lingkungan berupa kamar mandi dan tempat BAB bagi warga masyarakat.

Selama ini untuk mandi dan BAB, masyarakat masih menggunakan tempat seadanya dan daerah aliran sungai (DAS)yang tentunya akan berdampak secara langsung terhadap kebersihan lingkungan setempat utamanya kesehatan masyarakat.

Berkat adanya program TMMD ke-100 yang dilaksanakan secara bergotong royong antara prajurit TNI dan warga masyarakat maka sampai saat ini sudah dapat dilihat penampakannya. Jalan yang selama ini sangat sulit dilalui warga apalagi musim hujan sekarang sudah tampak kering dan kokoh karena sudah mengalami perabatan beton yang diperkuat dengan gorong-gorong dan senderan penahan tanah biar tidak mudah ambrol. Disamping itu, masyarakat Pangkung Paruk  kedepan juga akan memiliki fasilitas umum berupa MCK yang bisa digunakan secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan mandi dan BAB sehari-hari sehingga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat sedikit demi sedikit akan meningkat khususnya budaya BAB secara sembarangan dapat diminimalisir.

Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Slamet Winarto,S.E., disela-sela kegiatan peninjauan  Minggu (15/10) di lokasi pembangunan MCK menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan salah seorang warga masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Dandim menerima ungkapan rasa terima kasih dari masyarakat bahwa dengan adanya TMMD ke-100 di Desa Pangkung Paruk maka masyarakat berharap geliat perekonomian akan meningkat utamanya pemasaran hasil bumi keluar desa dan kesehatan masyarakat akan terjaga dengan baik. Dandim juga mengajak warga masyarakat untuk menggunakan fasilitas yang sudah dibangun nantinya dengan baik dan kemudian  memeliharanya secara bersama-sama sehingga memiliki usia pakai yang panjang. "Pembangunan MCK ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat dan peningkatan pembangunan nasional dimulai dari pedesaan", pesan Dan dim mengakhiri bincang-bincang bersama warga setempat. (Red_Dim/Bll/r5).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net