Nyonya Bintang Puspayoga Kunjungi Pengungsi di Bangli - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Minggu, 15 Oktober 2017

Nyonya Bintang Puspayoga Kunjungi Pengungsi di Bangli

Bangli. Balikini.Net --Dalam kunjungannya ke Bangli ,Istri Menteri Koperasi  dan UKM,  A.A Bintang Puspayoga, Minggu (15/10/2017) mengunjungi pengungsi di Posko utama di SD Internasional, Kubu, Bangli. Kedatangannya  bersama Bupati Bangli, I Made Gianyar, dan Nyonya  Erik Gianyar  disambut oleh Komandan Posko Komando Siaga Bencana Gunung Agung Kabupaten Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto M.Sc .

Sebelum menghampiri para pengungsi Nyonya Puspayoga  menyerahkan beraneka peralatan rumah tangga, sesuai kebutuhan pengungsi . Adapun bantuan yang diberikan yakni bantal, matras, alat tulis sampai tabung gas. Kedatanggannya kepengungsi itu banyak tersita waktunya untuk  menemui pengungsi baru asal Banjar Suukan, Desa Menanga, Karangasem yakni I Kadek Leo(10) nyang duduk dibangku kelas IV SD, anak pasangan  I Ketut Darmayasa dengan Ni Wayan Marini  agar mau bersekolah  supaya tidak putus sekolah. Karena anak cacat yang pakai kursi roda ini ketika didekati Nyonya Puspayoga, ibunya, Ni Wayan Marini langsung mengatakan kalau Leo tak mau sekolah, ketika di sekolahkan di SDN.4 Kubu. Menurut ibunya Leo ingin bersekolah di SDN.1 Kubu yang meski radiusnya sangat jauh kearah utara, karena teman Leo di sana. Sebaliknya di SDN.4 Kubu tak ada satupun teman Leo. Dikatakan dia baru 2 hari pindah mengungsi ke Posko utama di Kubu, Bangli. Kalau sebelumnya mengungsi di Dusun Pulasari, Peninjoan, Tembuku sejak tanggal 21 September lalu. Saat di sana Leo mau bersekolah. Menurut ibunya, Leo cacat sejak lahir. Ada benjolan di punggung yang cendrung membesar. Tak bisa berdiri hanya bisa duduk dikursi saja,sedangkan kalau dilantai dibantu dengan bantal untuk bersandar ditembok. Karena itu kini terus pakai kursi roda. Dia mengaku kesulitan biaya untuk operasi.”Anak saya dibilang ada kelambatan pertumbuhan”, ujar. Sebelumnya saat sebelum gejala Gunung Agung erupsi, Leo bersekolah di SDN.5 Menanga, Karangasem.  

Nyonya Ayu Bintang Pupayoga lalu menghelus-helus dan membujuk Leo agar mau sekolah agar tidak putus sekolah.”Sekolah ya dik ya”, ujarnya wanti wanti saat itu sempat menghibur anak-anak lainnya di dekatnya.

Untuk diketahui sebelumnya NyonyaPuspayoga sempat mengatakan perlunya pengungsi di Bangli diberikan ketrampilan. Keterampilan seperti membuat besek seperrti yang dilakoni masyarakat Bangli kebanyakan.Dia meminta Dekranasda yang ada di masing-masing kabupaten untuk memberikan pembekalan ketrampilan kepada para ibu-ibu agar tidak jenuh dan nantinya bisa menambah penghasilan"harapnya.

Sedangkan Bupati Bangli, I Made Gianyar mengatakan bakal mencari cara pemecahan masalah  soal Leo tak mau sekolah. Apakah karena faktor teman (tak ada teman) yang menyebabkan Leo tak mau sekolah di SDN.4 atau faktor lain.Tetapi Gianyar memilih lebih baik teman Leo di SDN.1 Kubu dipindah ke SDN.4 di Posko utama Pengungsian ketimbang memindahkan Leo ke SDN.1 yang jaraknya sangat jauh, dan menurutnya itu bakal merepotnya orang tuanya.”Kalau memang benar karena faktor teman, apakah tidak lebih baik temannya yang dipindah ke sini SDN.4"pungkasnya. (ag/r5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net