-->

Senin, 09 Oktober 2017

Pangdam IX/Udayana “Pimpin dan Bawa Yonzipur 18/YKR Menjadi Batalyon Kebanggaan…!!!”

 Pangdam IX/Udayana “Pimpin dan Bawa Yonzipur 18/YKR Menjadi Batalyon Kebanggaan…!!!”

Denpasar ,Balikini.Net - Dengan dilaksanakannya upacara serah terima jabatan Danyonzipur 18/YKR, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin S., S.I.P., M.Sc.,  mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Letkol Czi Djoko Rahmanto, S.E. atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Danyonzipur 18/YKR. Kemudian kepada Mayor Czi Prastiwanto, S.E. Pangdam juga ucapkan selamat atas kepercayaan yang telah diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memangku jabatan sebagai Danyonzipur 18/YKR.

Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan bahwa serah terima jabatan di lingkungan Kodam IX/Udayana yang dilaksanakan ini, merupakan bagian dari proses kaderisasi dan penyegaran serta tuntutan kebutuhan organisasi. Disamping itu, alih kesatuan juga merupakan momen untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan wawasan manajerial serta profesionalitas keprajuritan. Untuk itu, Serah Terima Jabatan Danyonzipur 18/YKR kali ini hendaknya dipahami sebagai upaya optimalisasi tugas pokok TNI Angkatan Darat, khususnya Kodam IX/Udayana.

Seperti yang diketahui bersama, bahwa tugas pokok Yonzipur 18/YKR adalah sebagai Satuan Bantuan Tempur dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam IX/Udayana. Sebagai Satuan Bantuan Tempur, Yonzipur 18/YKR bertugas untuk memperlambat gerak maju pasukan lawan, membantu kelancaran gerak maju pasukan kawan dan menjamin kelangsungan hidup pasukan yang dibantu.

Selain itu, Yonzipur 18/YKR bersama satuan terkait lainnya juga turut serta dalam kegiatan protokoler kenegaraan yaitu pengamanan VIP dan VVIP serta penanggulangan aksi terorisme dan aksi sabotase lainnya khususnya yang terjadi di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

“Mengingat sangat pentingnya tugas yang diemban oleh Yonzipur 18/YKR, maka saya perintahkan kepada Danyon Zipur 18/YKR yang baru, agar berpikir logis dan bersikap maupun bertindak yang terbaik. Tingkatkan kualitas dan kemampuan anggota, terutama kemampuan Jihandak yang merupakan ciri khas dari Satuan Yonzipur 18/YKR agar selalu siap setiap saat untuk digerakkan dengan segala kelengkapannya.” Tegas Pangdam.

Kualitas dan kemampuan diri yang diharapkan, hendaknya disertai dengan kepribadian dan disiplin yang tinggi sehingga akan mencerminkan sosok prajurit Yonzipur 18/YKR yang benar-benar tangguh, handal dan profesional. Disiplin yang saya maksudkan hendak-nya disertai dengan semangat belajar dan berlatih sesuai dengan motto Yudha Karya Raksaka.

Pangdam berharap kepada Danyonzipur 18/YKR yang baru, hendaknya dapat menekankan kepada seluruh anggotanya, agar dalam bersikap dan bertingkah laku senantiasa mencerminkan jati diri sebagai sosok seorang prajurit yang memiliki kematangan pribadi dan kualitas mental yang baik.

“Pimpin dan bawa Yonzipur 18/YKR menjadi Batalyon kebanggaan dan teladan, dengan cara meningkatkan profesionalisme seluruh prajurit, baik secara perorangan maupun sampai dengan satuan. Profesionalisme dapat terwujud apabila latihan dilaksanakan secara rutin, bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan berpedoman kepada Rencana Latihan yang telah dibuat.” Tegas Pangdam.

Diakhir amanat, Pangdam mengucapkan selamat kepada Letkol Czi Djoko Rahmanto, S.E. beserta isteri untuk menjalankan tugas baru yaitu sebagai Dandim 1606/Lombok Barat. “Mudah-mudahan di tempat tugas yang baru dapat memberikan pengabdian lebih baik lagi,” harap Pangdam.

Selesai Upacara dilanjutkan dengan Atraksi kolone senapan Senjata M-16 yang dilaksanakan oleh Ibu Persit dan anak-anak anggota Yonzipur 18/YKR selanjutnya Atraksi Youngmoodo  dan Jihandak oleh Anggota Yonzipur 18/YKR. Selesai acara dilanjutkan dengan Pisah Sambut Pejabat Lama dan Baru serta serah terima Ketua Persit Candra Kirana Cab.XLI Yon zipur 18/YKR.

Kegiatan yang cukup banyak terdengar suara ledakan ini dihadiri sekitar 150 orang. Diantaranya Kasdam IX/ Udayana, Bupati  beserta Wakil Bupati Gianyar, Sekda Kabupaten Gianyar, Kepala Kejaksaan Tinggi Kabupaten Gianyar, Kepala Pengadilan Negeri Kabupaten Gianyar, Para Asisten Kodam IX/Udayana, Dandim Se-Bali, Danden  inteldam IX/Udayana, Kabag Ops Polres Gianyar, Danyon Yonif Raider 900/SBW, Danyon Yonif 741/GN, Para Toga, Tomas dan Todat wilayah Gianyar. (Pendam IX/Udayana)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved