Pemkab.Bangli Ngaturang Bakti Penganyar Di Pura Tuluk Biyu Batur. - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Rabu, 11 Oktober 2017

Pemkab.Bangli Ngaturang Bakti Penganyar Di Pura Tuluk Biyu Batur.

Bangli,Balikini.Net--Sebagai wujud bakti kehadapan sang pencipta, Pemerintah Kabupaten Bangli yang dipimpin langsung Bupati Bangli I Made Gianyar didampingi sejumlah pimpinan OPD  dan staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Rabu (11/10/2017) melaksanakan bakti penganyar serangkaian Pujawali Ngusaba Purnamaning Sasih Kapat Icaka 1939 warsa 2017 di Pura Kayangan Jagat Tuluk Biyu Batur Kintamani.

Kabag Kesra Pemkab. Bangli Jro Penyarikan Widata mengatakan, bakti penganyar yang dimulai sekitar pukul 10.00 wita dipuput oleh Ida Pedanda Putra Sanur dari Griya Kelempung Tembuku Bangli, Sedangkan prosesi upacara diawali dengan ngaturang penglukatan dan ngayab bakti penganyar dilanjutkan dengan  persembahyangan bersama yang  diiringi ileng-ilen Baris baris gede dan baris jojor  . Sedangkan sarana bakti penganyar menggunakan bebangkit dan soroan pejati. “Bakti penganyar merupakan kewajiban yang harus dijalankan pemerintah daerah di Bali. Kita berharap dengan yadnya yang tulus, Ida Bhatara yang berstana di Pura Tuluk Biyu Batur  memberikan keselamatan dan kemakmuran bagi seluruh umat”ucapnya.

Sementara itu Bupati Bangli I Made Gianyar  mengatakan, sebagai umat Hindu kita memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan keberadaan pura ini. Oleh karenanya ngaturang bakti penganyar merupakan suatu hal yang diwajibkan kepada pemerintah daerah di Bali khususnya sebagai salah satu upaya melestarikan dan menjaga  keberadaan Pura Kahyangan Jagat Tuluk Biyu Batur.

Pada kesempatan itu Made Gianyar juga mengajak seluruh umat sedarma untuk bersama ngaturang bakti ke Pura Kahyangan Jagat Tuluk Biyu Batur. Seraya memohon keselamatan bhuana agung dan bhuana alit. “Dengan ngaturang bakti pengayar kita berharap Ida Batara memberikan keselamatan dan kelancaran bagi Pemerintah Kabupaten Bangli dalam menjalankan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat”harapnya(r6/ag)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net