sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » » Piodalan Mepedudusan Agung lan Mapeselang di Pura Penataran Agung Pucak Mangu

[A.A. Gde Agung ]
Badung,Balikini.Net - Bertepatan purnama sasih kelima, Jumat (3/11) akan dilaksankan puncak Piodalan Mepedudusan Agung lan Mapeselang di Pura Sad Khayangan Penataran Agung Pucak Mangu, Desa Adat Tinggan, Desa Plaga, Kecamatan Petang. Piodalan Mepedudusan Agung di-puput Ida Pedanda Putra Pemaron Gria Sidemen, Mengwi, Ida Pedanda  Gde Jelantik Giri dari Geria Gunung Sari. Sementara untuk upacara mapeselang  yang akan di-puput oleh Ida Pedanda Putra Kekeran Geria Sunia Denkayu, Ida Pedanda Gede  Jelantik Giri Santacita geria Jadi Tabanan.

Pangelingsir Puri  Ageng Mengwi , AA Gde Agung, Senin (30/10) mengatakan, kegiatan piodalan ini rutin dilaksankan setiap Purnama ke lima. Dalam rangkaian upacara piodalan ini pihak pemerintah juga akan diundang sperti Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, Wabup Suiasa, pimpinan organisasi perangkat daerah di Pemerintahan Kabupaten Badung, lembaga DPRD Badung, Asta Puri  dan krama dari delapan  Desa Adat di Petangselaku pengemong Pura Pucak Mangu.

Lebih lanjut Bupati Badung ke XI ini juga mengungkapkan, rangkaian piodalan mepedudusan agung dan mapeselang diawali dengan melaksanakan upacara di pesiraman, ngaturang piodalan di Pura Luhuring Pucak Mangu, selanjutnya pemendak ida bhatara tirta luhuring Pucak Mangu kairing ke Pura Penataran Agung Pucak Mangu. Setelah itu dilaksanakan piodalan mepedudusan agung, mapeselang dan mepasaran di Pura Penataran Agung Pucak Mangu. “Pada piodalan tersebut dipentaskan tarian wali, rejang, baris gede, wayang lemah dan topeng sidakarya. Kami berterimakasih atas suport dari pemerintah Kabupaten Badung yang ikut mesukseskan karya di pura Sad Khayangan Jagat ini,”terangnya.

Setelah Puncak Karya, ida bhatara akan nyejer selama sembilan hari  yakni dari tanggal 5 November hingga 12 November 2017. Sebelum dilaksanakan upacara bhakti pengayar pada Selasa (7/11) dilakukukan kegiatan pengeremek leladan Desa Tiyingan yang di-puput oleh Ida Pedanda Gede Buruan Pesraman Manuaba Darmasaba.  “Ida Betara mesineb pada Senin, 13 November 2017 mendatang sekitar Pukul 13.00 wita. Selama nyejer, ida bhatara kaaturan penganyaran dari  masing-masing Kecamatan di Badung dan leladan dari delapan desa adat sebagai pengempon pura. Setelah mesineb, pada Sabtu (9/12) nanti dilaksanakan upacara tugtug bulan pitung dina,”ungkapnya.[bdg/r6]

 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net