-->

Sabtu, 28 Oktober 2017

Tabanan Fiesta 1 Kecamatan Selemadeg Barat

Tabanan Fiesta 1 Kecamatan Selemadeg Barat

Tabanan Balikini.Net  – Perhelatan Tabanan Fiesta #1 kembali digelar pada Jumat malam (27/10). Kali ini, kegiatan yang digelar secara roadshow untuk mewarnai peringatan HUT Kota Tabanan Ke-524 itu berlangsung di Kecamatan Selemadeg Barat.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan disaksikan oleh jajaran organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Tabanan serta tokoh masyarakat setempat. Serta, tidak ketinggalan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tabanan yang berasal dari kecamatan Selemadeg Raya.

Ada hal menarik dalam pembukaan Tabanan Fiesta #1 di Kecamatan Selemadeg Barat ini. Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sanjaya menyampaikan bahwa dirinya serasa berada dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) saat menyaksikan pagelaran seni yang disuguhkan para seniman dan pemuda-pemudi setempat.

“Saya seperti menyaksikan PKB. Pentas seninya memukau. Dari segi kostum penabuhnya. Terus tadi, Tari Sandat Serasi juga diiringi dengan tabuh beserta sinden. Di Pupuan kemarin juga begitu. Ada inovasi yang harus kita apresiasi. Inovasi itu membuat Tari Sandat Serasi yang menjadi maskot kabupaten kita bertambah harmonis,” kata Wakil Bupati Sanjaya kepada para hadirin saat itu, khususnya para penabuh dari Sanggar Werdhi Gita.

Menurutnya, adanya inovasi tersebut menandai kegairahan masyarakat, khususnya para pemuda-pemudi, dalam menjalankan dan mengembangkan tradisi yang telah diwarisi para leluhur.

Selain itu, Wakil Bupati Sanjaya juga mengapresiasi Tarian Subak Selbar yang dinobatkan sebagai tarian maskot kecamatan setempat. Tarian itu sendiri digarap I Wayan Juata atau yang dikenal dengan nama panggung Dadong Rerod beserta sanggar-sanggar seni di Kecamatan Selemadeg Barat.

“Tadi saya lihat ada keserasian antara penari laki maupun perempuannya. Indah dan menunjukkan kerianggembiraan. Saya setuju kalau tarian ini menjadi maskot Kecamatan Selemadeg Barat. Karena ada keserasian, tidak ada salahnya tarian ini dinamakan Tari Subak Serasi,” ujarnya.

Di akhir acara, Wakil Bupati Sanjaya berharap momen peringatan HUT Kota Tabanan Ke-524 ini bisa dijadikan kesempatan untuk mengembangkan segala potensi daerah yang dimiliki masing-masing kecamatan di Kabupaten Tabanan dalam segala bidang. Baik seni, budaya, maupun ekonomi.[tbn/r]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved