sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Wabup Sanjaya Hadiri Upacara Pengratep Ida Ratu Gede Pura Luhur Gonjeng

Tabanan ,Balikini.Net  – I Komang Gede Sanjaya, selaku Wakil Bupati Tabanan, didampingi Camat Marga Alit Adiatmika beserta Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto, hadiri serangkaian Upacara Mupuk Pedagingan, Pemlaspasan, Pujawali dan Pengratep Ida Ratu Gede Ring Pura Luhur Gonjeng, Banjar Lodalang, Kukuh, Marga, Rabu (25/10), kemarin.
Kehadiran perdana Sanjaya di Pura Luhur Gonjeng, disambut hangat dan penuh suka-cita oleh masyarakat Desa Kukuh, khususnya Banjar Lodalang.
Hal tersebut mendapat apresiasi dari Wabup Sanjaya, terlebih kekompakkan masyarakat Kukuh, khususnya Banjar Lodalang sangat mencerminkan persatuan dan kesatuan. Pemerintah sangat mendukung kegiatan yang berdasarkan atas semangat gotong royong, apalagi mengutamakan persatuan dan kesatuan, tandasnya.
Dirinya mengaku sangat menarik melihat konsep Pura yang dilihatnya masih asri, dan tidak seperti bangunan Pura lainnya. Meski akunya baru pertamakalinya melakukan sembah bhakti di Pura Luhur  Gonjeng, namun orang nomer dua di Tabanan tersebut merasa tidak asing lagi dengan kawasan tersebut, serta bila ada kesempatan lagi, Pura ini akan dikunjunginya kembali.
“Saya pertama kali ngaturang bhakti driki, nembe driki. Benjang-benjang sira uning Tiang polih malih  kesempatan sane becik, Tiang pasti mewali meriki. Menarik pisan niki Pahrayangan Idane, napi buin Pura niki merupakan cagar budaya, dan sejarahnya pasti amat panjang dan menarik untuk dipelajari”, tutur Sanjaya.
Dirinya juga mendoakan agar upacara yang dilaksanakan oleh masyarakat Banjar Lodalang berjalan dengan baik. Serta masyarakatnya tetap bersatu dan rukun sehingga apa yang menjadi cita-cita di masyarakat bisa tercapai sesuai dengan apa yang direncanakan.
“Kebanda antuk galah, Tiang mangkin jagi wenten uleman ring Pupuan. Sepisanan Titiang nyarengin karya Dewa Yadnya druwene niki dumogi memargi antar, becik labdakarya sidaning don. Nika sane aptiang Titiang sareng sami,
“Utawi mangde masyarakat tetep, becik, bersatu, tetep rukun, ajeg, lan ajeng. Tur Dumogi rahayu semeton Titiang sareng sami iriki”, tutupnya.
Dalam kesempatan tersebut, selain melakukan persembahyangan bersama beserta undangan, Wabup Sanjaya juga ngaturang punia yang diterima oleh Panitia Acara.
Dan sebagai wujud kebersamaan, persatuan dan kesatuan antara masyarakat dan Pemerintah, Beliau melakukan Photo bersama serta berbaur sembari berbincang-bincang dengan masyarakat Lodalang. Hal tersebut juga cerminan  Pemerintah Kabupaten Tabanan sangat peduli terhadap masyarakat Tabanan, tanpa mengkotak-kotakan.[tbn/r5]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net