Dissos Bangli Diberikan Ketrampilan Menjahit Bagi Warga RTM - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Rabu, 08 November 2017

Dissos Bangli Diberikan Ketrampilan Menjahit Bagi Warga RTM

Bangli,Balikini.Net--Upaya untuk  pemberdayaan masyarakat harus terarah . Dinas Sosial Kabupaten Bangli melaksanakan progranm pelatihan menjarit untuk 40 orang masyarakat RTM yang ada di 15 Desa Wikangdanu Kintamani bertempat di Mesium Geopark Batur  selama 40 hari.. Mengikutsertakan masyarakat yang akan dibantu mempunyai beberapa tujuan, yaitu supaya bantuan tersebut efektif karena sesuai dengan kehendak dan kemampuan serta kebutuhan mereka"Demikian disampaikan Kabidbinsos Bangli I Made  Kariyanayasa Selasa (07/11/2017) Lebih lanjut disampaikan kenapa dipilihnya 15 Desa dilingkungan Wikangdanu, karena sebagai penunjang  Geopark Batur bagi masyarakat RTM agar kesejahtraan meningkat dengan diberikan ketrampilan. Ditujukan langsung kepada yang memerlukan, dengan program yang dirancang untuk mengatasi masalahnya dan sesuai kebutuhannya, maka program ini harus langsung mengikutsertakan atau bahkan dilaksanakan oleh masyarakat yang menjadi sasaran agar mareyarakat yang kurang mampu cepat bebas dari kemiskinan. Setelah selesai pelatihan ini para peserta diberikan alat berupa mesin jahit sebagai modal dasar untuk mandiri.Selanjutnya akan ada pelatihan memelihara ayam kampung  sebanyak 40 orang peserta masih dilingkungan 15 Desa dikawasan Wikangdanu dimana rencananya akan dilaksanakan di Desa Batur Kintamani,kemudian juga ada nantinya ada rencana pelatihan pedagang keliling dengan menggunakan sepeda motor"ungkapnya.
Ditambahkan pula, selain itu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam merancang,  melaksanakan, mengelola dan mempertanggungjawabkan upaya peningkatan diri dan ekonominya. Masyarakat miskin pada umumnya mempunyai keterbatasan dalam mengembangkan dirinya. Oleh karena itu, diperlukan  pelatihan  agar nantinya mereka dalam upaya memperbaiki kesejahteran hidupnya"Ada sekitar 9 ribu lebih warga RTM yang tersebar di seluruh Kabupaten Bangli, namun yang diutamakan dulu diseputaran 15 Desa pendukung Geopark Batur, walaupun ada beberapa dari luar itu" ujarnya. [ag/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net