-->

Kamis, 09 November 2017

Kominfo Gelar Edukasi dan Fasilitasi UMKM Go Online

Kominfo Gelar Edukasi dan Fasilitasi UMKM Go Online

Denpasar ,Balikini.Net - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bekerja sama
dengan Diskominfo Kota Denpasar,  Disperindag Kota Denpasar dan Lazada mengadakan acara Edukasi dan Fasilitasi UMKM Go Online pada Rabu (8/11). Bertempat di Aula Utama Gedung Graha Sewaka Dharma.

Acara ini merupakan bagian dari program Roadshow Go Digital Gerakan Nasional UMKM Go Online yang dilaksanakan di 13 kota di Indonesia.  Program Roadshow Go Online sendiri merupakan kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM,  Kementerian Komunikasi dan Informatika,  Pemerintah
Daerah,  serta 7 pelaku bisnis e-commerce, khusus di Denpasar melibatkan perusahaan e-commerce Lazada, diikuti 275 UMKM di Kota Denpasar.

Para peserta diberikan materi terkait UMKM Go Online, yaitu bagaimana UMKM dapat lebih meningkatkan pemasaran produknya melalui e-commerce, salah satunya Lazada. Materi disampaikan oleh Maya Martini selaku tim Marketing Lazada, yang juga disertai dengan sesi sharing dari para
pelaku UMKM yang sudah sukses bergabung dengan Lazada.  Di akhir acara para peserta diberikan kesempatan fasilitasi langsung tentang tata cara bergabung dan pemanfaatan pemasaran online di Lazada.

Melalui kegiatan ini pemerintah mendukung dan mendorong para pelaku UMKM untuk lebih memanfaatkan mediaonline, salah satunya e-commerce dalam memasarkan produknya.  Pemerintah menilai saat ini UMKM tepat dijadikan representasi ekonomi rakyat, dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja kurang lebih 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada Produk Domestik Bruto.

Berdasarkan hasil survey, pemanfaatan teknologi online untuk UMKM terbukti meningkatkan pendapatan hinga 26%, hal ini dikarenakan banyaknya kemudahan-kemudahan yang bisa didapatkan seperti dalam hal sewa tempat, pegawai, dan lain lain. Maka dari itu pula Kementerian Komunikasi dan Informatika mengaku siap membantu proses peng-online-an dari para pelaku UMKM.

“Harapan saya dengan Roadshow UMKM ini, dengan adanya peng-online-an dari kami, dapat meningkatkan pendapatan dari para pelaku usaha. Apabila ada yang tidak bisa menggunakan IT, kami siap menjadi fasilitatornya. Kami siap membantu meningkatkan GDP untuk Kota Denpasar” kata Yunita Hapsari Utami dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Antusiasme dari para peserta pun luar biasa, selama acara berlangsung banyak pertanyaan dan respon positif dari para pelaku UMKM di Denpasar. Dengan adanya acara ini, dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online, untuk bisa
menjangkau pasar yang lebih luas.

“Acara ini sangat menarik, karena teman-teman UMKM diajak untuk aktif berjualan secara online, dimana pasar online sangat besar dibandingkan offline. Jadi apabila ada acara lain lagi yang seperti ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM” kata Ida Bagus Putu Darma Santosa salah satu peserta dan pelaku UMKM di Denpasar. (ASP/r6)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved