SMAN 1 Kintamani Dipilih Sampoerna Foundation Terapkan Program LSP - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Kamis, 23 November 2017

SMAN 1 Kintamani Dipilih Sampoerna Foundation Terapkan Program LSP

Kasek SMAN 1 Kintamani Ketut Ada saat menerima plakat dari  Program Lighthouse school
Bangli,Balikini.Net--Sebagai bagian dari kemitraan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan,Usaha Tegas bersama Putra Sampoerna Foundation dan Pemprov Bali sedang mengembangkan sekolah rujukan  di Bali.SMAN 1 Kintamani kini terpilih sebagai sekolah pertama di Bali yang menerapkan program lighthouse school (LSP). Program yang dikembangkan oleh Yayasan Putera Sampoerana Foundation ini meletakan fokus pada pembentukan sistem managemen sekolah yang lebih akuntabel yang didukung oleh guru berkualitas untuk mencapai pengajaran dan pembelajaran yang efektif selama tiga tahun kedepan.

Gusman Yahya Direktur Program Lighthouse school (LSP)/SDO Putera Sampoerna Foundation menjelaskan program LSP dilaksanakan untuk mencari sekolah yang berpotensi untuk bisa dikembangkan dan dimajukan menjadi sekolah standar nasional yang berwawasan internasional. Dipilihnya SMAN 1 Kintamani untuk menjalankan program LSP setelah melalui serangkaian proses assment terhadap potensi yang dimiliki sekolah baik guru, siswa, managemen sekolah serta komitmen masyarakat sekitar dan pemerintah daerah.Walaupun ada sekolah yang  layak namun komitmennya kurang tidak direkomendasi“Dari hasil asement tersebut kami melihat bahwa SMAN 1 Kintamani ini layak dipilih untuk menerapkan program LSP karena memenuhi syarat disamping layak dan kometmennya juga serius,” terangnya.

Disampaikan  Gusman, selama 3 tahun LSP berfokus pada beberapa aspek pembelajaran dan mulai dari kepala sekolah transparan dan akuntabilitas,pengajaran guru, management tata kelola sekolah, pencapaian hasil belajar siswa, serta keterlibatan masyarakat di dalam dan sekitar sekolah. Dalam program ini, kepala sekolah, guru, dan siswa akan memiliki kesempatan untuk mencicipi pengalaman belajar internasional dan mendapatkan pengajaran dan pembelajaran yang efektif yang berfokus pada sains, teknologi, Teknik, dan matematika (STEM) dan Bahasa Inggris. “Untuk di Bali LSP baru pertamakali dilaksanakan. Tapi dari partisipasi program pengembangan sekolah yang dilakukan oleh Putera Sampoerna Foundation sudah ada 12 tahun kami berpartisipasi termasuk juga bantuan dan komitmen kami untuk pengembangan sekolah Bali Mandara dan beberapa sekolah lainnya,” jelasnya.

Ditambahkan, bahwa konsep LSP ini adalah mengembangkan sekolah rujukan yang nantinya bisa menginspirasi sekolah lainnya untuk juga ikut berkembang. “Program Lighthouse school ini tidak hanya untuk dirasakan SMAN 1 Kintamani. Karena konsep program Ligthouse school ini seperti mercusuar yang akan menerangi sekolah sekitarnya. Jadi Ketika SMAN 1 Kintamani dijadikan sebagai sekolah model, sekolah-sekolah yang ada disekitarnya lainnya juga dapat merasakan imbasnya,” 'ungkapnya

Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Bali Wayan Susila mengatakan pihaknya sangat menyambut baik program yang dilaksanakan Putera Sampoerna Foundation. Karena LSP ini ikut memajukan pendidikan di Bali khususnya di SMAN 1 Kintamani. Diharapkan Putera Sampoerna Foundation selanjutnya bisa intens mendapingi para guru-guru di SMAN 1 Kintamani dalam pembelajaran sehingga outputnya bisa menghasilkan anak-anak lulusan berkarakter dan berkompetensi di bidang STEM dan Bahasa Inggris"ujarnya.

Sementara itu Kasek SMAN 1 Kintamani Ketut Ada mengaku bersyukur atas dipilihnya SMAN 1 Kintamani untuk menerapkan LSP setelah melalui proses surveydan persyaratan yang diminta melalui oneline. Diharapkan program ini akan mampu berjalan sesuai harapan yakni meningkatkan kualitas pendidikan "pungkasnya [ag/r6]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net