Dukung Pembangunan Kota Berbudaya - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Minggu, 18 Februari 2018

Dukung Pembangunan Kota Berbudaya

Dukung Pembangunan Kota Berbudaya

Bale Kulkul Banjar Dangin Tangluk Di Pelaspas

Denpasar ,Balikini.Net – Renovasi Bale Kulkul Banjar Dangin Tangluk telah selesai secara keseluruhan. Bertepatan dengan rahina Saniscara Pon Ugu, sabtu (17/2), krama Banjar Dangin Tangluk, Desa Pakraman Kesiman, Denpasar Timur melaksanakan karya melaspas Bale Kulkul dan Pasupati Kulkul. Upacara ini dihadiri Plt. Walikota Denpasar, I.GN Jayanegara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede serta sejumlah tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Plt. Walikota Denpasar, I.GN Jaya Negara mengatakan Kota Denpasar sebagai kota berwawasan budaya tentu denyut kehidupan masyarakatnya tak pernah lepas dari aktivitas adat, seni dan kebudayaan yang kuat. “Khusus bagi krama Banjar Dangin Tangluk, Desa Pakraman Kesiman ini pemlaspasan bale kulkul dan pasupati kulkul di banjar setempat diharapkan mampu membawa krama kedalam kesejahteraan dan kebaikan baik jasmani maupun rohani agar dapat mendukung pembangunan di Kota Denpasar tercinta,” ujar Jaya Negara.  

Panglingsir Banjar Dangin Tangluk, Made Neka didampingi prajuru adat Putu Adi Purnama mengatakan rangkaian upacara melaspas bale kulkul dan pasupati kulkul yang dirangkaikan dengan upacara mewinten oleh  seluruh krama banjar. “Kami sangat bersyukur kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa karena rangkaian upacara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Lebih lanjut Made Neka mengatakan renovasi bale kulkul yang sebelumnya telah ada ini dimulai sejak 17 September 2017 hingga dirampungkan pada 17 Februari ini melalui upacara melaspas dan pasupati kulkul. Detail bangunan balai kulkul di Banjar Dangin Tangluk ini seluas 3 X 3 Meter dengan tinggi kurang lebih 8,5 Meter. “Kami berharap dengan selesainya pembangunan balai kulkul di Bnajar Dangin Tangluk melalui upacara melaspas dan pasupati kulkul ini, Ida Shang Hyang Widhi Wasa melimpahkan kerahayuan bagi seluruh krama banjar kami,” ungkapnya.(esa/r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net