-->

Minggu, 18 Februari 2018

Masyarakat Bali Saat Ini Sudah Cerdas Memilih Gubernurnya Untuk 2018

Masyarakat Bali Saat Ini Sudah Cerdas Memilih Gubernurnya Untuk 2018

Denpasar.  Balikini.Net -  Kesadaran masyarakat Bali tentang Pilkada dan demokrasi mulai kelihatan. Saat ini masyarakat sudah mulai memahami pentingnya memilih pemimpinnya, menolak politik uang dan melawan kekerasan dan intimidasi.   

Calon Gubernur Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, saat ini bukan lagi hanya soal memenangkan Pilgub saja, tetapi sudah maju satu langkah bagaimana masyarakat bisa dicerdaskan secara politik. "Sekarang bukan hanya soal memenangkan Pilgub, tetapi bagaimana mengedukasi masyarakat soal politik dan demkorasi itu sendiri," ujarnya di sela-sela Deklarasi Pilkada Damai di Denpasar, Minggu (18/2/2018).   

 Menurutnya, Pilgub adalah saat yang tepat untuk mengedukasi masyarakat agar bisa memilih secara cerdas, mandiri, memilih pemimpin yang berkualitas. Masyarakat harus belajar secara mandiri dan bertanggungjawab menyalurkan suaranya, menentukan pilihannya secara bertanggungjawab. "Pemaksaan, intimidasi, kekerasan, politik uang bisa mendederai demokrasi dan rakyat tidak teredukasi dengan baik. Kalau orang Bali menyebutnya dengan wiweka yaitu bagaimana masyarakat mampu memilih secara cerdas, membedakan mana yang benar dan yang salah" ujarnya.

Satu hal yang cukup penting adalah media sosial. Saat ini masyarakat bisa mengakses berbagai peraturan KPU. Media sosial harus mampu mencerdaskan masyarakat secara politik. Saat ini Medsos sudah menjadi kebutuhan pokok dan Medsos harus dikelola secara baik. "Pencerdasan masyarakat secara politik itu juga termasuk Medsos dan memang lebih dekat sengan Medsos," ujarnya. Banyak juga berita Hoax ada di Medsos. Pencerdasan itu bukan berarti masyarakat mengemis tetapi mandiri dalam memilih, mampu mengimplementsi perarturan KPU.

Apa yang sudah menjadi kendala selama ini adalah banyaknya berita hoax di Medsos. Ia meminta agar Medsos harus lebih terbuka dan transparan. Ia mengaku seluruh tim kampanye dan tim pemenangnya sudah secara transparan mempublikasikan pendidikan politik secara baik. Penangkalan berita di Medsos itu perlu klarifikasi karena tim Mantra-Kerta sudah memilik file sebagai bukti. "Kita tidak ingin masyarakat mengemis, tetapi masyarakat yang madani, yang mandiri memilih, yang damai, yang mampu mengendalikan diri secara baik," ujarnya. Karakter kemandirian masyarakat harus ditonjolkan. (•/r4)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved