sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Ngaben Gratis, Salah Satu Program Unggulan Koster-Ace

Gianyar ,Balikini.Net - Calon Wakil Gubernur Bali tahun 2018, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Kamis (22/2) menghadiri upacara ngaben massal di Desa Cempaga, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Kehadirian Cok Ace yang berpasangan dengan Calon Gubernur Wayan Koster ini disambut antusias oleh warga, termasuk oleh penglingsir Panca Desa Bali Aga yang ada di Kecamatan Banjar. Pada kesempatan tersebut, Cok Ace yang hadir di dampingi Ketua Tim Pemenangan Koster-Ace Kabupaten Buleleng I Gede Supriatna, dan Bendahara DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Mangku Mertayasa menyatakan upacara ngaben massal menjadi salah satu program unggulan pasangan no urut 1 (satu) ini. Dimana pemerintah akan memberikan bantuan (subsidi) untuk pelaksanaan upacara yang sifatnya massal.
Ngaben massal di Desa Cempaga yang termasuk Desa Bali Aga ini diikuti oleh 30 sawe. Selain hadir tokoh dan penglingsir Desa Cempaga, hadir juga penglingsir desa Bali Age lainnya seperti dari Desa Sidetapa, Desa Cempaga, Desa Tigawasa, dan Pedawa. Pada kesempatan tersebut Cok Ace menyatakan sangat mendukung kegiatan upacara pitra yadnya yang dilakukan secara bersama-sama. “Fasilitasi dan pemberian bantuan (subsidi) untuk pelaksanaan upacara Pitra Yadnya, ngaben gotong-royong, metatah gotong-royong, dan upacara yadnya yang dilaksaakan secara bersama-sama menjadi salah satu program unggulan kami,”kata Cok Ace. 
Penglingsir Puri Ubud, Gianyar ini menambahkan selain lebih efisien dari segi biaya, pelaksanaan upacara secara bersama-sama ini membangkitkan semangat kebersamaan dan gotong royong ditengah-tengah masyarakat. Model upacara yang dilaksanakan secara bersama-sama ini, juga sangat efisiensi dari segi biaya, tanpa mengurangi nilai kesakralan. Upacara pitra yadnya adalahsangat mulia sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada leluhur yang telah mendahului kita. Dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, yang kaitannya manusia mulai dari kelahiran, kemudian proses kehidupannya dan saat akhir kehidupannya atau kematian, harus  menjadi program prioritas jawab pemerintah daerah.
Salah satunya upacara ngaben dan nyekah massal adalah bagian dari program, yang menjadi salah satu prioritas. Dimana, jika Koster-Ace dipercaya memimpin Bali, akan mengalokasikan anggaran melalui APBD Provinsi Bali untuk kegiatan upacara ngaben massal dan upacara manusia yadya yang dilakukan secara massal, termasuk mendorong pemerintah Kabupaten/Kota untuk mengganggarkan dalam APBD, sesuai dengan kemampuan keuangan masing-masing daerah.[*]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net