Wabup Suiasa Serahkan Dana Upakara 255 Juta - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Sabtu, 17 Februari 2018

Wabup Suiasa Serahkan Dana Upakara 255 Juta

Mangupura,Balikini.Net -Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri puncak karya nyekah/atma wedana kinembulan krama Banjar Pande, Desa Abiasemal, Kamis (15/2) lalu. Wabup Suiasa yang didampingi anggota DPRD Badung IB Made Sunartha dan Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Bagus Alit Sucipta juga menyerahkan dana upakara sebesar Rp. 255,7 juta.
Wabup. Suiasa menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi atas semangat krama Banjar Pande telah melaksanakan karya nyekah kinembulan. Hal ini sebagai wujud bukti kepada leluhur serta akan dapat meningkatkan rasa persaudaraan antar krama. Suiasa mengatakan kehadirannya selaku pemerintah sebagai wujud bakti dan ikut ngrastitiang agar karya ini berjalan dengan baik. "Kami pemerintah ikut ngrastitiang, semoga karya ini terlaksana dengan baik dilandasi hati suci dan tulus iklas, niscaya krama Banjar Pande tetap bersatu, rasa sagilik, saguluk, salunglung sabayantaka," terangnya.
Ketua Panitia I Made Sudarma melaporkan, karya nyekah kinembulan ini merupakan program banjar yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Kali ini diikuti 18 sawa dan upacara mepetik sebanyak 22 orang. Pelaksanaan karya dipuput Ida Pedanda Istri Kania Griya Kajeng Abiansemal. Rangkaian karya telah dimulai sejak 5 Pebruari dengan ngawit karya, 14 Pebruari upacara ngangget don bingin dan 15 Pebruari merupakan Puncak Karya dengan upacara ngilehang lembu,  mendak tirta ke beji, puncak karya, ngayab, mepetik dan malamnya meprelina. Pada 16 Pebruari dilanjutkan nganyut ke segara Sanur dan ke Pura Uluwatu. "Atas nama krama banjar Pande, kami menyampaikan banyak terima kasih atas bantuan secara penuh yang diberikan Pemkab Badung untuk karya ini. Kedepan kami akan tetap memohon tuntunan dan bantuan karena banyak program yang akan dilaksanakan seperti pembangunan balai banjar serta banyak sekaa-sekaa maupun kelompok yang membutuhkan suport dari Pemkab Badung, " terangnya.
Usai menghadiri karya nyekah di banjar Pande, Wabup. Suiasa juga menghadiri upacara melaspas lan ngeratep tapakan ida bhatara di Pura Ratu Ngurah Sakti, Desa Adat Gerih, Kec. Abiansemal. Disana Wabup. Suiasa melakukan persembahyangan bersama.[bdg/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net