Ratusan Ogoh -ogoh Meriyahkan Nyepi Di Papua - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Selasa, 20 Maret 2018

Ratusan Ogoh -ogoh Meriyahkan Nyepi Di Papua

Papua , Balikini.Net - Rangkaian pelaksanaan hari raya Nyepi di Papua berjalan lancar dan meriah. -Ratusan umat Hindu dari berbagai lapisan bersama sama melaksanakan kegiatan Catur Brata Penyepian. Sebagaimana pelaksanaan upacara Mecaru atau pembersihan di Taman Imbi Kota Jayapura, Jumat (16/3) yang kemudian dilanjutkan dengan pelepasan pawai Ogoh-ogoh oleh Wakil Walikota Jayapura, Rustam.

Menurut salah seorang tokoh Hindu setempat I Nyoman Cantiasa umat Hindu di Jayapura ada sekitar 500 orang baik TNI, Polri dan masyarakat sipil. "Dalam pelaksanaan Nyepi tahun ini kita membuat lima Ogoh-ogoh, 4 berukuran besar dan 1kecil," jelas mantan Danrem 163 Wirasatya yang kini menjabat Kasdam XVII/Cendrawasih ini. Masyarakat Papua menurutnya sangat antusias dan menikmati tontonan pawai ogoh-ogoh ini. "Ini pertunjukan yang baru pertama di tanah Papua. Selama ini mereka melihat hanya melalui media. Kini bisa melihat Ogoh-ogoh di Bali tanpa harus ke Bali," ujarnya. 

Ditambahkan Brigjen Cantiasa untuk pembuatan ogoh-ogoh di Papua didesain sedemikian rupa sehingga sangat menarik. "Untuk para personel yang mengangkat ogoh-ogoh menggunakan pakaian adat Bali kombinasi Papua sehingga ada kolaborasi dan nilai persatuan sebagai anak bangsa," tambah Brigjen Cantiasa. (tim/r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net