-->

Selasa, 20 Maret 2018

Ratusan Ogoh -ogoh Meriyahkan Nyepi Di Papua

Ratusan Ogoh -ogoh Meriyahkan Nyepi Di Papua

Papua , Balikini.Net - Rangkaian pelaksanaan hari raya Nyepi di Papua berjalan lancar dan meriah. -Ratusan umat Hindu dari berbagai lapisan bersama sama melaksanakan kegiatan Catur Brata Penyepian. Sebagaimana pelaksanaan upacara Mecaru atau pembersihan di Taman Imbi Kota Jayapura, Jumat (16/3) yang kemudian dilanjutkan dengan pelepasan pawai Ogoh-ogoh oleh Wakil Walikota Jayapura, Rustam.

Menurut salah seorang tokoh Hindu setempat I Nyoman Cantiasa umat Hindu di Jayapura ada sekitar 500 orang baik TNI, Polri dan masyarakat sipil. "Dalam pelaksanaan Nyepi tahun ini kita membuat lima Ogoh-ogoh, 4 berukuran besar dan 1kecil," jelas mantan Danrem 163 Wirasatya yang kini menjabat Kasdam XVII/Cendrawasih ini. Masyarakat Papua menurutnya sangat antusias dan menikmati tontonan pawai ogoh-ogoh ini. "Ini pertunjukan yang baru pertama di tanah Papua. Selama ini mereka melihat hanya melalui media. Kini bisa melihat Ogoh-ogoh di Bali tanpa harus ke Bali," ujarnya. 

Ditambahkan Brigjen Cantiasa untuk pembuatan ogoh-ogoh di Papua didesain sedemikian rupa sehingga sangat menarik. "Untuk para personel yang mengangkat ogoh-ogoh menggunakan pakaian adat Bali kombinasi Papua sehingga ada kolaborasi dan nilai persatuan sebagai anak bangsa," tambah Brigjen Cantiasa. (tim/r4)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved