Kunjungi Skarisba, DPP LVRI Tularkan JSN 45 - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Minggu, 08 April 2018

Kunjungi Skarisba, DPP LVRI Tularkan JSN 45

BADUNG-Balikini.Net - Sebanyak 50 orang rombongan peserta pendidikan dan latihan (diklat) ‘Sosialisator Jiwa Semangat Nilai Nilai 45’ di bawah pimpinan Sekjen Dewan Pengurus Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (DPP LVRI) Marsda TNI (Pur) F.x. Soejitno dan Mayjen TNI (Pur) Nono Sukarno, mengunjungi SMK PGRI 1 Baduung (Skarisba) guna menularkan, mensosialisasikan, serta mewariskan jiwa semangat dan nilai-nilai (JSN) 45. Sosialisasi juga melibatkan ratusan peserta didik Skarisba, Jumat (6/4).
Mayjen Nono Sukarno, selaku Ketua Tim Pengarah memaparkan, sosialisasi tersebut bertujuan mempersiapkan para veteran yang telah terpilih untuk menjadi calon sosialitator JNS 45, yang nantinya bertugas menularkan ‘virus’ JNS ke masyarakat, termasuk pelajar yang notabene para generasi muda penerus bangsa. 
Menurutnya, bangsa Indonesia, khususnya generasi muda telah mengalammi degradasi atau menurunnya pemahaman sejarah perjuangan bangsanya sendiri. “Gedradasi tiu bisa kita lihat terhadap merosotnya norma dan etika anak bangsa, mengakibatkan
terjadinya erosi nasionalisme,” sebutnya di sela sosialisasi.
Nono mengajak seluruh pemuda se Tanah Air hendaknya memahami perjuangan para pahlawan. Dengan semangat berkobar khas TNI, ia mengingatkan kembali betapa susahnya para pejuang mencapai kemerdekaan Indonesia. Jiwa, raga dan air mata dikorbankan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. “Sebagai generasi penerus harus berjiwa pantang menyerah. Di era globlisasi saat ini, harus mampu bersaing dengan orang asing, menjadi pemuda yang tangguh dan dengan melihat perjuangan para pahlawan, generasi muda harus sehat jasmani dan rohani dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” sebutnya.

Wakil Ketua Penyelenggara yang juga ketua YPLP Kabupaten PGRI Badung  Dr. Drs. I Made Gede Putra Wijaya, SH., M.Si., di sela kegiatan mengaku tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Veteran, di matanya memiliki makna yang sangat istimewa. “Salam hormat saya untuk seluruh orangtua saya. Entah mimpi apa saya didatangi sesepuh yang begitu istimewa,” terang Putra, saat memberi sambutan. 
Kepada para pelajar yang hadir, Putra berharap kegiatan itu dapat menumbuh kembangkan semangat cinta tanah air dan bela negara, sehingga terwujud dalam tindak-tanduk dan prilaku sehari-hari. “Mari kita bina dan jaga persatuan dan kesatuan dengan memelihara kerukunan suku, bangsa dan agama dengan saling menghormati, mempercayai, menghargai, membantu dan tolong menolong, musyawarah mufakat dan mendahulukan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan,” ujar Putra.
Terkait perhatian pemerintah terhadap para veteran, Putra mengungkapkan sudah cukup baik. Namun ia menegaskan, masih ada para veteran yang belum tersentuh perhatian. Untuk itu ia mengimbau aparat terkait dan pemerintah melakukan pendataan kembali, mengingat jasa veteran sangatlah besar, yang tak bisa dibayar dengan apa pun untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia dan NKRI.[wp/r4]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net