sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » » Pemkot Denpasar Ngaturang “Bhakti Penganyar” di Pura Agung Besakih

Karangasem,Balikini.Net - Pemerintah Kota Denpasar melakukan "Bhakti Penganyar" di Pura Agung Besakih, Selasa (10/4). Pelaksanaan "Bhakti Penganyar" dipimpin Plt. Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kota Denpasar.

Pelaksanaan upacara tersebut diawali dengan persembahan Tari Wali dan Tarian Topeng yang diiringi Seka Gong Wahana Gurnita Kecamatan Denpasar Timur. Dalam kesempatan tersebut  Kecamatan Denpasar Timur juga membawakan Tari Rejang Renteng. Upakara Bhakti Penganyar dipuput oleh Ida Pedanda Putra Timbul dari Griya Timbul Kesiman.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Denpasar Raka Purwaka mengatakan, Upacara Nganyarin yang dilakukan serangkaian dengan pelaksanaan karya Tawur Tabuh Gentuh dan Ida Bhatara Turun Kabeh. Mengingat pelaksanaan upacara ini maka semua kabupaten/kota di Bali wajib melaksanakan bhakti pengayar. "Untuk bhakti penganyar yang dilaksanakan sekarang ini semua tari dan sarana upakara dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Denpasar," ujarnya.

Dengan pelaksanaan bhakti penganyar Pemerintah Kota Denpasar lewat rasa syukur an bakti kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa diharapkan dapat memberikan kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Denpasar serta lewat rahmatNya seluruh OPD Denpasar dapat meningkatkan  pelayanan yang baik pada masyarakat. "Kami berharap melalui bhakti penganyar ini Kota Denpasar senantiasi diberikan kesejahteraan dan keamanan sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat," ujarnya.

Sementara panitia karya Jro Mangku Widiartha menyampaikan bawah pelaksanaan upacara di pura Agung Besakih dimulai sejak tanggal 7 Maret dengan diawali melaksanakan ngaturang pemiyut dan negtegang karya. Kemudian dilanjutkan dengan nuwur tirta dan melaksanakan melasti. Sedangkan untuk puncak karya sendiri dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2018 bertepatan dengan Purnama Kedasa. Sedangkan untuk penyineban karya menurut Widiartha akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 April 2018 mendatang. (Eka/r2)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net