-->

Minggu, 15 April 2018

Warga Karangasem Mengeluh Air Bersih

Warga Karangasem Mengeluh Air Bersih

Karangasem,Balikini.Net - Calon Gubernur nomor urut 1, Wayan Koster menggelar simakrama dengan ratusan warga Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Temu wicara yang dibalut kampanye dialogis itu digelar Banjar Tukad Abu, Desa Pakraman Batudawa Kelod. Di hadapan warga, calon gubernur yang diusung PDI Perjuangan, Hanura, PAN, PKPI, PKB dan PPP itu memaparkan sejumlah program kerjanya yang akan dijalankan selama memimpin Bali kelak. Ada lima program prioritas yang dibalut konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali itu.


Pertama, pangan, sandang dan papan. Kedua, kesehatan dan pendidikan. Ketiga, jaminan sosial dan ketenagakerjaan. Keempat, adat, agama, tradisi, seni dan budaya. Kelima adalah pariwisata.


Dalam hal pendidikan, ia akan menggratiskan biaya pendidikan hingga tingkat atas. Koster juga akan akan membangun SMA unggulan seperti SMA Bali Mandara yang dibangun Made Mangku Pastika di Kubutambahan, Buleleng. Juga akan dibangun Akademi Komunitas sebagai pendidikan tingkat lanjut. Semua akan dijalankan secara gratis bagi siswa berprestasi. 


Sekolah dan Akademi Komunitas itu akan dibangun di atas lahan Pemprov Bali seluas 10 hektar di Tulamben. Untuk program kesehatan, ia akan memberlakukan kembali Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) yang diperbaiki di beberapa sektor dan terintegrasi secara online. Namanya akan diubah menjadi Krama Bali Sehat (KBS). Untuk program bedah rumah tetap akan dilanjutkan dengan nominal yang diperbesar dari Rp30 juta menjadi Rp50 juta per unit.


Selanjutnya, untuk sektor pariwisata Koster ingin menata kawasan Kubu, utamanya Tulamben secara keseluruhan. "Kecamatan Kubu, khususnya Tulamben akan dikembangkan obyek wisatanya. Apalagi bandara Buleleng jadi dibangun. Nanti Kecamatan Kubu harus bersiap jadi daereah wisata. Efek pertumbuhan ekonominya akan meretas dan dirasakan warga di Karangasem," kata Koster, Minggu 15 April 2018.


Satu hal yang menjadi fokus perhatiannya adalah persoalan ketersediaan air bersih di Kecamatan Kubu. Dari tahun ke tahun, Koster melanjutkan, persoalan yang dihadapi warga di Karangasem, khususnya Kecamatan Kubu adalah minimnya pasokan air bersih. "Masak terus-teruasan kekurangan air bersih. Nanti begtu terpilih, saya akan langsung buatkan perencanaannya," ujar di.


Perencanaan yang dimaksud Koster yakni master plan soal kebutuhan air bersih bagi masyarakat, industri dan jasa. "Di Karangasem akan dipetakan sumber airnya di mana saja ketersediaannya. Akan diprogramkan pengadaan air bersih secara khusus di Kubu agar persoalan ini tak lagi timbul di kemudian hari," papar dia.


Di akhir acara kampanye dialogis, seperti biasa warga menyatakan kebulatan tekad mendukung, memenangkan dan memilih Wayan Koster yang berpasangan dengan Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace) pada Prmilihan Gubernur Bali 27 Juni 2018.[*]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved