Karangasem Dipilih Sebagai Tujuan Safari Gerakan Membaca Nasional - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 14 Mei 2018

Karangasem Dipilih Sebagai Tujuan Safari Gerakan Membaca Nasional


Karangasem,Balikini.Net - Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan tema Implementasi Revolusi Mental  Melalui Mobilisasi Pengetahuan Dalam Meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat yang dilangsungkan di gedung serbaguna kantor bupati karangasem senin 14/5 dihadiri oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Kepala Perpustakaan Nasional RI dalam kesempatan ini diwakilkan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas RI Drs. Widianto, Msi,  Anggota Komisi X DPR RI Putu Supadma Rudana,  MBA,  Ida Bagus Wiranata Sekretaris Pepustakaan prov.  Bali,  Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Karangasem I Komang Daging

Kepala Perpustakaan Nasional RI dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas RI Drs. Widianto, Msi mengatakan Perpustakaan secara fisik tempat dimana koleksi buku-buku atau majalah yang berisi informasi, kegiatan ini dimaksudkan guna mendorong seluruh lapisan masyarakat belajar sepanjang hayat (long life education), diharapkan pula kesediaan Saudara melakukan pendataan kelompok masyarakat yang dapat memberikan inspirasi nyata peningkatan kegemaran membaca masyarakat di daerah Saudara guna mendukung peningkatan kegemaran membaca di masyarakat, akan dilakukan kunjungan Narasumber kepada komunitas baca (masyarakat) yang memberi inspirasi tindakan nyata peningkatan kegemaran membaca, Dalam kegiatan ini akan dilaksanakan usaha nyata peningkatan kemampuan membaca masyarakat dengan bedah buku/diskusi mengenai buku. 

Anggota Komisi X DPR RI Putu Supadma Rudana,  MBA mengatakan mengapresiasi semangat Bupati Karangasem untuk membuat unit-unit usaha atau badan usaha atau apapun ditingkat desa dan membuat program-program nyata yang memang setiap bulannya akan dialaksanakan. Dengan kegiatan kita kali ini saya selalu memperjuangkan berbagai hal dipusat khususnya dengan mitra kita Perpustakaan Nasional,  saya sudah memberikan akses 50% kuota kita untuk beasiswa program indonesia pintar untuk tingkat SD,  SMP,  SMA/SMK itu kira-kira sekitar 7500 sudah kita berikan untuk Dinas Pendidikan di Kabupaten Karangasem itu total anggarannya diatas 5 Miliyar sudah kita serahkan setelah bulan Agustus dan itu akan merata di tingkat SD,  SMP,  SMA/SMK. 

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutanya mengatakan kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama yang dilakukan oleh  Bapak Putu Supdma Rudana, anggota Komisi X DPR Rl dengan Perpustakaan Nasional. Untuk itu,  bupati juga mengucapkan terima kasih atas perhatiannya pada Kabupaten Karangasem..

'' Saya menyambut baik dan berterima kasih kepada pihak Perpustakaan Nasional Republik lndonesia telah mempercayai daerah Kabupaten Karangasem memberikan kesempatan kepada Kami sebagai tuan rumah penyelenggara Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca'' ujarnya bupati .

Kepercayaan Pemerintah pusat kepada Kami di Kabupaten Karangasem sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan safari dalam suasana 

status siaga Gunung Agung, membuktikan bahwa Kabupaten Karangasem masih aman untuk dikunjungi baik untuk kepentingan tugas dinas maupun berwisata. Mudah-mudahan “badai" status “siaga” Gunung Agung Cepat berlalu dan normal kembali. 

Salahsatu misi Pemerintah Kabupaten Karangasem yang sangat relevan dengan kegiatan safari ini adalah “membentuk sumber daya manusia yang cerdas, sehat, bermartabat dan unggul melalui pencapaian wajib belajar 9 (sembilan) tahun dan pelayanan kesehatan yang terjangkau, murah, ramah dan paripurna”. Juga, tema safari ini seperti yang dilaporkan oleh Perpustakaan Nasional “Impelementasi Revolusi Mental Melalui Gerakan Nasional Gemar Membaca dalam Rangka Meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat” sangat senafas dengan Tagline yang dimiliki Kabupaten Karangasem yaitu “Karangasem The Spirit of Bali”. Tagline tersebut menyiratkan makna bahwa Karangasem sebagai hulu suci Spritual pulau Dewata Bali yang memiliki inspirasi, vibrasi, dan suport untuk menggugah masyarakat agar memiliki budaya gemar membaca dengan memanfaatkan media Perpustakaan, taman bacaan dan media lainnya. 

Hampir 6 bulan setiap hari 4 unit armada Mobil Perpustakaan Keliling milik Pemerintah Kabupaten Karangasem membawa berbagai jenis buku bacaan kelompok usia menjelajah kantong-kantong tempat pengungsian yang terpencar-pencar. Buku-buku bacaan tersebut sangat dibutuhkan oleh para pengungsi untuk penanggulangan trauma healing bagi para pengungsi. 

Diakhir Sambutan Bupati Menyerahkan Cendra mata Kepada  Kepala Perpustakaan Nasional RI dalam kesempatan ini diwakilkan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas RI Drs. Widianto, Msi [krs/r4]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net