sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Pemkot Denpasar Tingkatkan Peran Linmas

Fasilitasi Pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat
Pemkot Denpasar Tingkatkan Peran Linmas


Denpasar,balikini.net - Demi meningkatkan peran dan fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) khususnya dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan di Kota Denpasar, Satpol PP Kota Denpasar melaksanakan kegiatan Pelatihan Satlinmas dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 16-18 Mei 2018. Dalam acara pembukaan pelatihan Satlinmas yang dilaksanakan di Aula Gedung Shanti Graha Rabu (16/5) mendatangkan narasumber dari Satpol PP Provinsi Bali, Kodim 1611 Badung, Polresta Denpasar, Kementerian Agama Kota Denpasar, PMI, BPBD, dan Pelatihan Lapangan oleh Satpol PP Kota Denpasar.

Dalam sambutan Plt Walikota Denpasar IGN Jaya Negara yang dibacakan oleh Sekretaris Kepala Satpol PP Kota Denpasar, I Ketut Gede Gunawan disampaikan bahwa pelatihan ini adalah upaya yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan ataupun ketrampilan aparat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat. Satlinmas selama ini adalah komponen yang sangat penting dalam membantu tugas-tugas TNI dan Polri untuk turut menjaga stabilitas keamanan. Meski Bali sudah memiliki pecalang, namun keberadaan Satlinmas justru memiliki peran yang sangat sentral dalam partisipasinya menjaga keamanan dan ketertiban wilayah desa/kelurahan. “Linmas dan pecalang akan sangat kuat jika bersinergi sesuai dengan porsinya, untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat, khususnya di Kota Denpasar,’’ ungkpanya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah (PP) No. 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja, dalam pasal 4 disebutkan bahwa tugas Satpol PP adalah menegakkan perda dan menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat. “Terlebih dalam kondisi pemilu dan aksi terorisme yang menjadi duka semua masyarakat, tentu di sinilah peran pentingnya kerja sama seluruh lapisan masyarakat khususnya kesiap siagaan aparat,’’ terangnya.

Sekretaris Kepala Satpol PP Kota Denpasar, I Ketut Gede Gunawan mengatakan pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota Satlinmas dalam mengantisipasi gangguan keamanan, ketertiban, ketentraman serta perlindungan masyarakat di Kota Denpasar. “Apa yang disampaikan oleh pimpinan tentu menjadi semangat yang memotivasi kami untuk terus mengabdi demi keamanan dan kenyamanan masyarakat,’’ ungkapnya.

Salah satu peserta pelatihan dari Linmas Kelurahan Renon, I Made Umbara mengatakan sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini, terlebih dirinya baru satu tahun bertugas, sehingga hal ini sangat bermanfaat. “Persiapan kesehatan fisik dan konsentrasi dalam menyerap materi, dan saya merasa sangat beruntung bisa turut serta dalam pelatihan ini, akan sangat bermanfaat untuk tugas dilapangan,’’ ungkapnya. (Dev’Ayu/r4).

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net