sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Selaras Program Jokowi Rai, Mantra Siap Sukseskan Visi Ekonomi Digital

Denpasar,Balikini.net - Calon Gubenur Bali nomor urut 2 Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menegaskan komitmen dan kesiapannya mendukung mewujudkan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewujudkan Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Baginya potensi Bali untuk menguatkan ekosistem digital sangat besar yang memang bermula di Denpasar dan dapat dibangkitkan hingga ke seluruh Bali.

“Kalau lihat di Denpasar cukup siap mendukung visi itu, Balipun juga demikian sesungguhnya. Tinggal bagaimana membangun ekosistem digital ke seluruh Bali," kata Rai Mantra di di Renon, Denpasar, Kamis (3/5/2018). Seperti apa dukungan Bali untuk menyukseskan target dan agenda nasional ini, Rai Mantra yang Walikota Denpasar dua periode ini memaparkan sejumlah aksi nyata dan program digital ekonomi di ibukota Provinsi Bali ini.

Sejauh ini di Denpasar sudah banyak mempunyai coworking space atau ruang kerja bersama yang memang mampu membangkitkan ekositem ekonomi digital di Bali. Bahkan Rai Mantra  bercita-cita mendorong didirikannya coworking space di seluruh Bali baik yang diinisiasi oleh pihak swasta maupun kolaborasi dengan pemerintah. Dengan adanya coworking space ini tentu ekosistem digital akan semakin berkembang.

“Di daerah seluruh Bali  perlu adanya coworking space, tempat latihan dan berkerja dimana kita memiliki suatu kreativitas dan menumbuhkembangkan kreativitas sehingga terjadi akselerasi pertumbuhan ekonomi digital," kata Rai Mantra. Hal ini diperkuat dengan program-program entrepreneurship atau kewirausahaan sampai ke tingkat desa dengan berbagai kemudahan.

Selain coworking space yang memang banyak muncul di Denpasar, tambah Rai Mantra untuk mendukung visi ekonomi digital Presiden Jokowi, Denpasar memiliki BCIC (Bali Creative Industry Centre) yang menjadi semacam inkubator bisnis bagi pelaku ekonomi kreatif dan ekonomi digital. Mereplikasi keberadaan BCIC ini, Rai Mantra ingin di seluruh Bali dibangun tempat serupa dalam bentuk technopark (taman teknologi). Fasilitas ini nantinya berfungsi untuk membantu masyarakat belajar dan menangkap peluang ekonomi kreatif serta memberikan pendampingan dan akses teknologi.

“Bali sangat siap menyukseskan visi ekonomi digital Presiden Jokowi. Infrastrukur dan suprastrukturnya semua sudah siap. Ada coworking space, technopark, incubator, SDM, lembaga pendidikan dan lain-lain. Itu akan diduplikasi ke seluruh Bali. Potensi ekonomi digital yang dipadukan dengan ekonomi kreatif akan masuk ke seluruh Bali. Karenanya kami dorong nanti di Pemerintah Provinsi Bali menggali potensi ekonomi digital di seluruh Bali dan juga merangsang investasi pihak  swasta,” papar Rai Mantra.(roby)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net