sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Tim Pusat Apresiasi Kabupaten Layak Anak di Jembrana

Jembrana, Balikini.Net - Tim Penilai dan Verifikasi Lapangan terhadap Kabupaten Layak Anak(KLA) pusat selama 3 hari , mulai selasa (22/5) hingga kamis (24/5),  turun  melakukan evaluasi di Kabupaten Jembrana. Rombongan yang dipimpin Kepala Bidang Perlindungan Anak Korban Kekerasan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(KP3A), Ratih Rachmawati diterima langsung Bupati I Putu Artha bersama Ketua Gugus Tugas KLA, I Ketut Swijana serta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB, Ni Kade Ari Sugianti.

Tim penilai pusat juga  menyertakan anggotanya dari Asdep Pemenuhan dan Perilindungan Anak Kementerian Koordinator  Pembangunan dan Kebudayaan (Komenko PMK), Marwan Syaukani serta Pakar Hak Anak dari Yayasan Bahtera Bandung, Hadi Utomo diwakili dengan melakukan verifikasi langsung dilapangan.


Disela-sela presentasi yang di pusatkan di Aula Jimbarwana(24/5), ketua Tim Penilai, Ratih Rachmawati , mengapreasiasi pencapaian Kabupaten Layak Anak di Jembrana. Pasalnya, dari beberapa tahapan yang meliputi  penilaian mandiri serta dilanjutkan dengan verifikasi dilapangan,  ternyata capaian Kabupaten Jembrana sangat luar biasa, “dari verifikasi yang telah kami lakukan di lapangan ternyata Kabupaten Jembrana sudah  berbuat, bahkan mampu melakukan hal-hal yang telah maju. Ini sangat luar biasa. Hanya saja, dalam pengisian masih ada-hal-hal yang perlu disempurnakan terutama berkaitan dengan administrasi, “ujarnya.
Ratih juga mengatakan,  hasil verifikasi dilapangan yang sudah dilakukan  ini ,nantinya akan diplenokan di Jakarta oleh tim independen.  “ verifikasi yang sudah dilakukan oleh tim penilai saat ini sifatnya sangat independen. Namun demikian kami optimis terhadap apa yang telah diperbuat oleh Kabupaten Jembrana. Karena capaian ini bukan kinerja satu OPD tertentu saja, melainkan berkat dukungan dari semua lapisan dan komponen masyarakat. Baik itu pengusaha,organisasi kemasyrakatan serta jajaran birokrasi  “tegasnya.


Sementara Bupati I Putu Artha memaparkan bahwa sepertiga dari jumlah penduduk Jembrana adalah anak. Karena itu dikatakannya, sebagai penerus masa depan, anak  berhak  dapat hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat  kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.  Pemkab Jembrana juga telah berupaya memuni kepentingan terbaik untuk anak sesuai dengan Klaster Kabupaten layak anak. Saat ini Pemerintah Kabupaten Jembrana sudah mempersiapkan sarana dan prasarana guna mendukung program KLA . Yaitu dengan mensinergikan kegiatan-kegiatan dari OPD, mulai dari perencanaan sampai pelaporan yang berkaitan dengan pemenuhan anak, “ujar Artha. Selain itu  berbagai sarana dan prasarana guna mendukung program KLA ini juga disiapkan. Diantaranya menyiapkan ruang atau infrastruktur bagi kenyamanan anak , meningkatkan layanan kesehatan baik diposyandu maupun puskesmas, sehingga puskesmas benar-benar menjadi puskesmas ramah anak. “ Selain itu lewat serangkaian sosialisasi yang dilakukan secara kontinyu dari berbagai tingkatan, mengoptimalkan PAUD dimasing-masing desa, dan dengan menyediakan sarana prasarana yang terstandarisasi untuk ruang bermain ramah anak. Untuk hal ini , jajaran birokrasi juga  kita gerakkan, sehingga setiap OPD mempunyai tanggung jawab yang sama, “pungkasnya(eka/r4).

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net