Tingkatkan Kesadaran Pariwisata Melalui Seni Bondres - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Selasa, 08 Mei 2018

Tingkatkan Kesadaran Pariwisata Melalui Seni Bondres


Denpasar,Balikini.Net - Komitmen Pemerintah Kota Denpasar mengembangkan sektor pariwisata yang berwawasan budaya terus digencarkan, melalui Dinas Pariwisata Kota Denpasar (Diparda). Dimana kali ini pengembang pariwisata akan ditujukan pada pelestarian subak yang ada di kota denpasar dengan penanaman kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan sawah di wilayah perkotaan. Demikian disampaikan, Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, IB. Alit Surya Antara, saat memimpin rapat persiapan kegiatan penyuluhan pariwisata di kota denpasar, Selasa (8/5) di Kantor Diparda Kota Denpasar.

Lebih lanjut  Alit Surya mengatakan, penyuluhan kepariwisataan ini merupakan agenda tahunan yang diselanggarakan oleh Diparda, yang mana setiap tahunya diparda melaksnakannya sebanyak dua kali. Dan di awal tahun 2018 ini Diparda akan melasankannya di Wantilan Desa Pakraman Pohgading, Desa Ubung Kaja pada tanggal 12 Juni 2018 mendatang, dengan penyuluhan mengenai keberadaan Subak Pakel di Ubung Kaja sebagai destinasi pariwisata budaya dengan mempertahankan kearifan lokal yang dimiliki desa. Dengan cara melaksanakan penyuluhan kepariwisataan melalui media  Bondres Celekontong Mas.

Dimana nantinya diharapkan antusias warga untuk menyaksikan pagelaran bondres celekontong mas  dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengembangan sektor pariwisata daerah khusunya keberadaan subak dan menumbuhkan sadar wisata masyarakat. “Pelaksanaan penyuluhan kepariwisataan dengan harapan masyarakat dapat memahami arti penting pengembangan pariwisata dan menumbuhkan sadar wisata dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif di Kota Denpasar, melalui sapta pesona yaitu menciptakan kondisi destinasi yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan menciptakan kenangan yang positif bagi wisatawan yang berkunjung”, ungkap Alit Surya.

Sementara Perbekel Desa Ubung Kaja, I Wayan Mirta sangat senang kegiatan penyuluhan yang akan di adakan di wilayahnya, dimana Mirta mengharapkan dengan adanya penyuluhan pariwisata di Desa Ubung Kaja khususnya mengenai destinasi wisata dalam mempertahankan subak diwilayah perkotaan. Sebab di Desa Ubung Kaja juga memiliki sebuah subak yang produktif, yakni subak pakel. “Dimana kami menginginkan kedepannya subak pakel ini bisa menjadi sebuah destinasi wisata persawawahan di tengah hiruk pikuk kota, seperti beberapa subak yang telah menjadi obyek wisata di kota denpasar seperti Subak Sembung, Subak Anggabaya maupun seperti Desa Kesiman Kertalangu. Itu merupakan impian kami untuk membangkitkan potensi lokal yang di miliki oleh Desa Ubung Kaja dalam bidang pariwisata”, pungkasnya. (ays’/r3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net