-->

Kamis, 17 Mei 2018

Tingkatkan Kewaspadaan Dini, FKPD Klungkung Rapatkan Barisan

Tingkatkan Kewaspadaan Dini, FKPD Klungkung Rapatkan Barisan

Klungkung,Balikini.Net - Menanggapi situasi yang terjadi belakangan ini, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Klungkung merapatkan barisan dengan menggelar rapat koordinasi (Rakor). Rakor dipimpin Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada diruang rapat Bupati, Kamis (17/5/2018). Beberapa hal dibahas dalam pertemuan yang juga dihadiri Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Klungkung ini, seperti kewaspadaan dini terjadinya konflik dan situasi keamanan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klungkung Wayan Sujana, menyampaikan, ada beberapa faktor yang berpengaruh dan berpotensi bisa menimbulkan terjadinya konflik sosial dimasyarakat. Seperti bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, budaya, politik dan sebagainya. Sujana mencontohnya ditahun politik 2018, perlu diwaspadai terjadinya konflik, mengingat di Kabupaten Klungkung akan ada hajatan Pemilihan Kepala Daerah. Dibidang pendidikan juga ada penerimaan siswa didik baru dan bidang pangan, berpotensi akan terjadi peningkatan harga kebutuhan pokok yang perlu diwaspadai menimbulkan konflik sosial. “Semua potensi ini perlu kita waspadai bersama,” ujar Sujana.

Lebih lanjut, terkait situasi keamanan, Sujana mengajak semua komponen untuk meningkatkan kewaspadaan, melakukan deteksi dini. Keamanan lingkungan perlu ditingkatkan dengan melakukan kegiatan pendataan penduduk pendatang. Selain konflik dan situasi keamanan, Sujana mengingatkan peredaran narkoba juga perlu diwaspadai bersama. Seluruh komponen masyarakat diminta lebih waspada sehingga situasi Klungkung tetap aman dan kondusif. “Kewaspadaan dan deteksi dini perlu ditingkatkan untuk menjaga Klungkung tetap kondusif,” sebutnya.

Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada meminta semua komponen untuk bersinergi, menjaga Klungkung agar tetap aman dan kondusif ditengah situasi yang terjadi belakangan ini. Kewaspadaan juga diminta berlaku disemua instansi di Kabupaten Klungkung. “Kita di instansi juga perlu siaga dan waspada agar Klungkung tetap kondusif,” ujar Pjs Bupati Sugiada.

Terkait lokasi yang berpotensi menimbulkan atau rawan terjadinya konflik sosial, Pjs Bupati juga mengingatkan untuk selalu melakukan langkah antisipasi, sehingga tidak sampai menimbulkan konflik sosial. (nom/r5)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved