-->

Selasa, 12 Juni 2018

Meriahkan HUT Kota Amlapura ke-378

Meriahkan HUT Kota Amlapura ke-378

BUPATI MAS SUMATRI BUKA PAMERAN PEMBANGUNAN DAN PKB KARANGASEM 2018
Meriahkan HUT Kota Amlapura ke-378

Karangasem,Balikini.Net – Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka pameran potensi dan hasil pembangunan yang disinkrunkan juga dengan pembukaan PKB Karangasem tahun 2018. Kegiatan ini dalam rangkaian memeriahkan hari jadi Kota Amlapura ke-378 di GOR Gunung Agung, Amlapura , Senin (11/6/2018).

Ketua Umum Panitia Tetap Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura Sekda Kab. Karangasem Drs. I Gede Adnya Mulyadi,M.Si dalam laporanya menyampaikan tujuan dilaksanakanya pameran pembangunan dirangkaikan dengan Pembukaan PKB Karangasem ini bertepatan dengan peringatan HUT Kota Amlapura ke-378 adalah untuk menghormati jasa I Dewa Karang Amla sebagai pendiri kota Amlapura dan pewarisnya. Selain itu juga guna menampilkan visualisasi  segenap potensi pembangunan dan untuk memberi hiburan bagi masyarakat Karangasem. 


Adnya Mulyadi menjelaskan, pelaksanaan rangkaian peringatan hari jadi Kota Amlapura ke 378 dilaksanakan selama 14 hari sesuai rencana, dimulai sejak tanggal 11 s.d. 24 Juni 2018. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan meliputi, Pameran Potensi dan Hasil Pembangunan selama 14 hari dengan jumlah Stand Pameran sebanyak 75 unit, dengan peserta dari kalangan pelaku UKM, lndustri, Dagang dan stand Kuliner. Pagelaran hiburan serta penampilan artis Pop Bali seperti , Lawak Dadong Rerod, Uji coba Gong Gebyar, Kiss Band, Ari Kencana dan kawan-kawan, Jun Bintang, Broken Radio, Pop Bali Karangasem, dan Joni Agung. Kegiatan Lomba, diantaranya , Fotografi, Lomba Olahraga Tradisional, Karangasem 10 K, Lomba Kebersihan Kantor, Pertokoan dan Pasar, Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2018, dan lomba-Iomba Iainnya. Upacara Bendera Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura ke-378 serta Pawai Budaya dengan menampilkan Adhi Merdangga “Wasesa Ananta” dan partisipasi dari 8 Kecamatan. Sedangkan kegiatan PKB ke-40 Kabupaten Karangasem diisi dengan Lomba Nyastra , Whorkshop Busana dan Bebantenan, Uji coba perwakilan Karangasem dalam PKB ke-4O yang akan dibuka di Denpasar pada tanggal 23 Juni 2018. 


"Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan sebagaimana disebutkan tadi selain melibatkan peserta yang dimotori oleh seluruh OPD, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, juga melibatkan pihak swasta sebagai sponsorship dan tentunya masyarakat Karangasem," imbuhnya. 

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura tahun ini mengambil tema “Tri Hita Karana, Harmoni Jagat Semesta”, merupakan nilai pertama dari pemaknaan “Karangasem The Spirit of Bali”. Dengan tema ini kami harap akan menjadi momentum kita untuk mulat sarira terhadap komitmen di dalam menjaga harmoni hubungan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sesama manusia, dan dengan lingkungan atau alam semesta. Oleh karenanya, seluruh aspek kegiatan akan dijiwai oleh tema ini. 


Selain Pameran, rangkaian peringatan ini juga akan menampilkan kesenian-kesenian yang ada di Kabupaten Karangasem, hal ini dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan Seni Budaya yang ada di Kabupaten Karangasem, serta memberikan hiburan kepada masyarakat Kabupaten Karangasem yang sehari-hari bergelut dalam kesibukannya masingmasing.

"Kiranya rangkaian kegiatan Perayaan Hari Jadi Kota Amlapura ini nantinya dapat menjadi momentum bagi masyarakat Karangasem untuk lebih mencintai Kabupaten Karangasem dan mau berpartisipasi dalam pembangunan, tentunya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Karangasem. 

Selain itu, kami juga berharap melalui rangkaian kegiatan ini akan dapat menjadi sarana promosi pariwisata bagi Kabupaten Karangasem, sebagaimana dengan tag line Kabupaten Karangasem yakni “Karangasem  the Spirit of Bali," imbuhnya.


Di bidang pembangunan  Bupati Mas Sumatri menilai, Karangasem telah menunjukkan prestasinya. Dibuktikan dengan berkali-kali meraih penghargaan Adipura. Serta penghargaan yang baru-baru ini kita terima yaitu Predikat pengelolaan keuangan Daerah WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) 3 kali berturut-turut. Selain itu,Anugrah TOP BUMD 2018, Penghargaan Prestise Indonesia dan Perpamsi Award diraih oleh PDAM Karangasem yang merupakan BUMD binaan Pemkab Karangasem atas pelayanan yang baik terhadap konsumennya yaitu masyarakat Kabupaten Karangasem. Ini menunjukkan potensi pembangunan yang kini digarap sudah menunjukkan hasil.

"Pada kesempatan ini juga saya menghimbau kepada seluruh jajaran Pemerintah  Kabupaten Karangasem dan masyarakat Karangasem secara luas, agar berpartisipasi memberikan support dan dukungan kepada duta Kabupaten Karangasem yang mewakili Karangasem dalam PKB ke-40, semoga duta Kabupaten Karangasem dapat memberikan penampilan yang terbaik, kita tunjukkan bahwa Kabupaten Karangasem mampu memberikan kontribusi yang baik dalam upaya pelestarian adat dan seni budaya Bali," ucap Mas Sumatri.

Pembukaan Pameran Pembangunan ditandai pelepasan balon angka 378 oleh Bupati dan Wakil Bupati Karangasem serta Kapolres Karangasem AKBP, I Gusti Ngurah Agung Ade Panji Anom . Dilanjutkan dengan  peninjauan stand pameran oleh Bupati Mas Sumatri , Wabup Artha Dipa dan Pimpinan  Instansi di jajaran Pemda.[krs/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved