Pemkot Denpasar Siap Dukung Kelancaran Mudik Lebaran - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 04 Juni 2018

Pemkot Denpasar Siap Dukung Kelancaran Mudik Lebaran

Denpasar,Balikini.Net - Pemkot Denpasar melalui Dinas Perhubungan Kota Denpasar selalu siap dalam mewujudkan kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan mudik lebaran terpadu Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018 ini. Hal ini diwujudkan dengan beragam persiapan yang menggandeng seluruh steakholder penunjang pelaksanaan mudik. Seperti halnya membentuk Tim Kordinasi dan Tim Posko Terpadu Untuk Peningkatan Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Lebaran Tahun 2018.

Plt. Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Wayan Lemesnawa saat dikonfirmasi, Senin (4/6) menjelaskan bahwa secara umum Pemkot Denpasar telah siap mensukseskan pelaksanaan mudik lebaran baik arus mudik maupun arus balik. Dimana, pada lebaran tahun ini terdapat 1 Pos Terpadu dan 1 Pos Komando yang dilengkapi degan Tim Kordinasi yang terdiri atas berbagai instansi terkait. "Jadi secara umum Pemkot Denpasar siap mensukseskan pelaksanaan mudik lebaran tahun 2018 ini," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pos Pantau sedianya berlokasi di Perempatan Jalan Gunung Galunggung, sedangkan Pos Komando yang nantinya berlokasi di Terminal Ubung ini sedianya akan dilengkapi Tim Kordinasi. Khusus untuk Dinas Perhubungan Kota Denpasar sendiri akan menyiagakan sedikitnya 140 personil yang terbagi atas dua sift. Yakni sift pagi yang bertugas dari pukul 08.00 wita-20.00 wita dan sfit malam bertugas mulai pukul 20.00 wita hingga 08.00 wita.

Adapun waktu pelaksanaan Pos Komando ini akan dimulai sejak H-7 sampai dengan H+7 atau mulai dari tanggal 8-23 Juni 2018 yang nantinya akan didahului dengan pelaksanaan gelar pasukan. Sedangkan terkait kesiapan Terminal Ubung sendiri pihaknya mengaku secara keseluruhan telah siap. Mulai dari jadwal keberangkatan, jadwal kedatangan, ruang tunggu, tempat parkir, media informasi, loket, serta penunjang lainya seperti toilet, kios, ruang asi, dan ruang merokok. Selain itu, turut dilaksanakan pemantauan kelancaran arus mudik melalui Area Traffic Control System (ATCS). "Untuk di Terminal Ubung saat ini kita hanya memberangkatkan penumpang hingga Terminal Mengwi dengan angkutan AKDP, namun tak menutup kemungkinan jika jumlah angkutan di Terminal Mengwi membludak, Terminal Ubung juga dapat menerima Bus AKAP," paparnya.

Lemesnawa menembahkan, pihaknya turut menhimbau masyarakat atau LSM yang hendak melaksanakan mudik bareng atau mudik gratis yang mengambil titik mulai di Kota Denpasar agar berkordinasi dengan Dishub Kota Denpasar. Hal ini tak lain adalah untuk memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada seluruh peserta mudik.

"Nanti baik mode transportasi umum maupun yang bersifat pribadi dalam hal ini penyelenggara mudik gratis, agar melakukan kordinasi bersama Dishub Kota Denpasar karena semua kendaraan peserta mudik akan dilaksanakan Ramp Check yakni pengecekan kelayakan kendaraan serta kelengkapan administrasi sehingga rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan mudik dapat tercipta sampai tujuan," pungkasnya. (Ags/Esa/r5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net