sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Sekda Harap Gemakan Germas Sepanjang Waktu

Renon,Balikini.Net - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dipandang penting dan strategis dalam rangka penguatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, untuk itu GERMAS diaharapkan digemakan dan digaungkan secara terus menerus. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam acara workshop Penguatan Peran Mitra Potensial dalam Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Provinsi Bali, di Hotel Mercure, Denpasar, Jumat (22/6). Karena menurutnya, kesehatan adalah aset yang paling berharga, sehingga tidak menghabiskan banyak biaya untuk menjaga kesehatan itu sendiri.

Lebih lanjut, Dewa Indra juga menyatakan untuk memformalisasi gerakan GERMAS, telah diterbitkan Pergub No. 12 tahun 2018 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat pada tanggal 7 Maret 2018. “Jadi dalam pergub tersebut telah dicantumkan secara jelas, tujuan, siapa yang berperan serta tugas masing-masing OPD dalam menguatkan germas, jadi tolong dibaca dan dipelajari,” ujarnya. 

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. I Ketut Suarjaya, Dewa Indra juga menekankan bahwa GERMAS bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Diskes saja, namun menjadi tugas semua OPD agar tujuan hidup masyarakat sehat bisa segera terwujud. “Untuk itu saya harap semua OPD bisa bersinergi dan bahu membahu menyadarkan masyarakat akan peran penting pola hidup sehat. Serta bersinergi untuk mengurangi tembakau dan rokok yang juga menjadi salah satu program GERMAS,” ujarnya. 

Selanjutnya, Ia mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat. Selain pola hidup, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah lingkungan sekitar yang bersih dan sehat. “Saya yakin dengan terwujudnya kedua hal tersebut, maka taraf kesehatan masyarakat juga akan semakin meningkat. Mari bangun kesadaran akan pentingnya kesehatan dari diri sendiri dahulu, lingkungan keluarga dan masyarakat demi mencapai Indonesia yang sehat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. I Made Dedi Wiguna, menyatakan jika prosentase penyakit tidak menular seperti serangan jantung dan stroke dalam kurun beberapa tahun terakhir semakin meningkat. Hal itu mengindikasikan jika pola hidup masyarakat akhir-akhir ini sudah tidak sehat lagi. Untuk itu Ia menambahkan jika upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan arti hidup sehat sangat penting, itula salah satu alasan GERMAS ini terbentuk. 

Ia menyatakan, Gerkaan Masyarakat adalah suatu tindakan yang terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk berperilaku sehat dalam meningkatkan kualitas hidup. Untuk mencapai itu, selain perbaikan lingkungan, meningkatkan kesadaran masyarakat juga sangat diperlukan, dan telah menjadi fokus GERMAS. (*?R5)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net