Universitas Udayana Siap Kerjasama Bioteknologi - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Selasa, 26 Juni 2018

Universitas Udayana Siap Kerjasama Bioteknologi

Denpasar,balikini.Net - Sebanyak sebelas orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Ilmu Biologi Program Pascasarjana FMIPA Universitas Udayana (UNUD) Bali mengunjungi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB Biogen) pada Senin (25/6/2018). Kunjungan ini merupakan bagian dari praktik kerja lapangan guna mengenal serta mencari peluang untuk bergabung dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala BB Biogen, Mastur PhD di Gedung Komisi Nasional Sumber Daya Genetik, BB Biogen. Dalam sambutannya Mastur bercerita tentang kegiatan perakitan varietas unggul baru dengan bioteknologi dan hasil-hasilnya.

Koordinator Program Studi Magister Ilmu Biologi UNUD, Dr. Ngurah Intan Wiratmini mengaku senang dapat berkunjung ke BB Biogen dan diberikan berbagai informasi baru kemajuan bioteknologi pertanian yang berkaitan dengan program studi di kampusnya. Intan pun berharap agar ada kerjasama yang terjalin antara BB Biogen dan UNUD setelah kunjungan tersebut.

“Kami betul-betul mendapat informasi yang baru, dan kami ingin terlibat dalam kegiatan penelitian dengan cara mengirim mahasiswa untuk melakukan praktik kerja lapangan di sini,” ujar Intan.

Hal senada disampaikan mahasiswa magister Ilmu Biologi UNUD, I Gusti Ayu. Ayu menyebutkan bahwa Balitbangtan merupakan lembaga yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak, termasuk mahasiswa seperti mereka. “Saya optimis dengan adanya kerjasama antara kampus dengan BB Biogen, dapat memotivasi mahasiswa lain untuk terlibat dalam kegiatan penelitian sekaligus mengembangkan potensi yang mereka miliki,” jelas Ayu.

Dalam kunjungan ini, para mahasiswa dan dosen sempat dikenalkan dengan Bank Gen Balitbangtan. Para mahasiswa sempat merasa kagum setelah mengetahui jumlah koleksi sumber daya genetik pertanian yang hampir mencapai 11 ribu aksesi.

“Saya tidak menyangka Indonesia memiliki Bank Gen yang sangat potensial. Kami berharap agar upaya konservasi ini terus dikembangkan dan dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat,” tutup Ayu. (*/r5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net