-->

Minggu, 03 Juni 2018

Wantimpres bersama Bupati/Walikota SeProvinsi Sulawesi mengadakan Kunker ke Kabupaten Klungkung

Wantimpres bersama Bupati/Walikota SeProvinsi Sulawesi mengadakan Kunker ke Kabupaten Klungkung

Klungkung,Balikini.Net - Belum berselang setahun dilaunching, Program Toss yang dilaksanakan Kabupaten Klungkung, dilirik Oleh Pemerintah Pusat. Hal itu terbukti dengan kunjungan kerja Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) untuk kedua kalinya Ke Kabupaten klungkung.

Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada, SH., MH didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menerima Kunjungan Kerja Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantipres) Suharso Monoarfa didampingi Anggota Komisi V DPR RI Nurhayati Monoarfa, Bupati Bolaang Mongondow Dra. Yasti Soepredjo Mokoagow, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Saiful Kiraman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali guna meninjau program pengolahan sampah menjadi energy terbarukan (briket/pelet) yang sudah berjalan di Kabupaten Klungkung pada Jumat  (1/6).

Pjs Bupati Klungkung Wayan Sugiada, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan, inovasi TOSS ini dicoba karena lahan untuk dijadikan TPA di Kabupaten Klungkung sangatlah sedikit dan TPA yang ada, sudah mengalami over kapasitas. Setelah mengetahui dan melihat proses penanganan sampah meggunakan program toss, pemkab klungkung akhirnya berani untuk menjalankan program tersebut. karena sebelumnya sudah banyak upaya dilakukan guna menangani sampah di Klungkung. selain untuk menangani sampah yang terdapat di Kabupaten Klungkung, Program TOSS dapat digunakan untuk sumber pendapatan sumber masyarakat/BUMDES dan dapat berfungsi sebagai sumber tenaga dan terbarukan.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Suharso Monoarfa, sangat mengapresiasi dan bangga dengan Kabupaten Klungkung dalam inovasinya mengatasi masalah sampah dengan menerapkan program TOSS. Kedatangan Suharso Monoarfa untuk kedua kalinya ke Kabupaten Klungkung mengajak Bupati/Walikota lainnya untuk dapat menerapkan Program TOSS di masing-masing daerahnya. Setelah melihat secara langsung proses penanganan sampah dengan menerapkan program Toss dan manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkan Program ini. Suharso Monoarfa  mengharapkan program TOSS juga dapat digunakan dengan karakteristik sampah yang berbeda-beda dimasing-masing daerah di Indonesia, seperti di Kabupaten Klungkung dimana sampah dominan berasal dari bahan janur.

Anggota Komisi V DPR RI Nurhayati Monoarfa, menyatakan Program TOSS yang dilaksanakan oleh Pemkab Klungkung sangat bagus, karena banyak mempunyai manfaat selain untuk menangani masalah sampah yang ada di Kabupaten Klungkung, hasil dari Program Toss dapat digunakan untuk penerangan dan sebagai bahan bakar memasak. Semoga Program TOSS ini dapat dipergunakan di Seluruh Indonesia. “setelah dari Kabupaten Klungkung, saya ingin memperkenalkan Program ini kedaerah-daerah pedesaan, agar dapat menangani permasalahan sampah, selain itu juga melalui program ini juga dapat membantu daerah pedesaan yang mengalami kekurangan listrik”, ujar Nurhayati.

Dalam kunjungannya ke Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yakni Desa Gunaksa dan Desa Lepang, Wantimpres beserta rombongan didampingi Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada, SH., MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, General Manager PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan (UP) Bali IGAN Subawa Putra, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Anak Agung Ngurah Kirana, dan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan I Wayan Wasta, Wakil Ketua STT PLN Lukman, beserta undangan terkait lainnya. (Cok/r3).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved