sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Bintang Asia Jepang, Musisi Panggilan Hati

Balikini.Net - Lahir tahun 2015 lalu, Bintang Asia Jepang berusaha selalu menjadi ‘bintang’ di tengah jagad hiburan Bali. “Ingin tahu semua tentang Bali, saya senang bisa mengenal Bali,” ujar vokalis grup Bintang Asia, Chizuko Koizumi.
Terlahir di negeri sakura, Jepang bukanlah suatu penghalang bagi Chizuko Koizumi untuk mencintai tradisi dan budaya Bali. Chizuko yang menjadi vokalis grup musik dan jazz Bintang Asia Jepang mengaku bahwa Bali adalah tempat yang tepat untuk mengekspresikan diri. “Pertama ke Bali tahun 1998 saat itu saya kagum sekali dengan gamelan,” ujar Chizuko dengan logat khas Jepang yang masih kental. Chizuko yang kala itu penasaran menanyakan kepada para penabuh. “Apa kalian dari kalangan profesional?,” ulang Chizuko bertanya kala itu. Bukan tanpa sebab Chizuko bertanya demikian, sebab di negeri sakura, seorang seniman merupakan profesi khusus dan butuh waktu lama untuk mempelajari satu aspek kesenian. “Ternyata penabuh itu bukan pekerjaan tetap mereka dan sejak itu saya semakin bertekad untuk belajar kesenian Bali,” ungkap Chizuko penuh semangat.
 
Keputusan Chizuko untuk menetap di Bali awalnya tak didukung oleh sanak keluarga yang tinggal di Kota Yokohama. “Awalnya kelarga tak mendukung, tapi saya yakinkan keluarga saya bahwa ini adalah sumber kebahagiaan saya,” terang Chizuko yang juga salah satu perintis grup Bintang Asia. Lokasi yang menjadi penjajakan Chizuko untuk mengenal Bali adalah Ubud dan selama sebulan Chizuko memilih untuk menetap desa seni itu. Masih teringat, kala itu ia memperdalam ilmu tari berkat didikan dari Made Keranca dan Agung Mas Susilawati. Chizuko yang dulunya menjadi pemain teater kini mempadupadankan teater, tari, dan musik Bali melalui Bintang Asia Jepang. “Saya menciptakan kolaborasi musik Wind God Hanuman bersama Sanggar Pondok Pekak itu rasanya bahagia sekali,” ungkap Chizuko bahagia.
Grup musik dan jazz Bintang Asia Jepang memiliki 6 anggota yang terdiri dari Chizuko Koizumi, Yuko Shirota, Mitsuaki Uchida, Tommy G, Kenji Matsuura, dan Atsuko Kawahara. Salah seorang anggota grup musik ini, Yuko Shirota mengungkapkan mendapat kesempatan untuk tampil pada Pesta Kesenian Bali adalah sesuatu yang sangat berharga. “Bisa memperkenalkan musik Bali dan jazz ala Jepang saya menjadi sangat senang,” ucap Yuko. Untuk menciptakan sebuah lagu Chizuko kembali berujar bahwa dirinya membutuhkan waktu kurang lebih sehari atau sebulan. “Tergantung inspirasi dari Tuhan,” ujar Chizuko sembari tertawa. Membentuk Bintang Asia Jepang adalah panggilan hati dari keenam musisi itu, Chizuko pun berujar bahwa saat berkarya dirinya merasakan sebuah perasaan yang penuh warna dan sangat cantik. “Susah diungkapkan dengan kata-kata, yang jelas kami terbentuk karena cinta dari hati kami untuk Bali,” tutup Chizuko dengan senyuman (r3).

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net