-->

Rabu, 11 Juli 2018

Bupati Suwirta Kecewa Tim Pokja Pengembangan Garam Kusamba Tidak Optimal

Bupati Suwirta Kecewa Tim Pokja Pengembangan Garam Kusamba Tidak Optimal

Klungkung .Balikini.Net - Kurang optimalnya kinerja Tim Pokja Pengembangan Garam Kusamba, mengakibatkan program pengembangan garam kusamba menjadi terhenti. Sejumlah permasalahan yang dihadapi Pokja tanpa tindaklanjut dan tidak dilaporkan ke Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.  Atas kondisi ini, Bupati Suwirta lantas mengumpulkan Tim yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP), Baperitbang, Dinas Koperasi dan Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan serta OPD terkait lainnya untuk mendengarkan kendala masing masing Pokja di ruang rapat kantor Bupati Klungkung Rabu (11/7/2018).

“ Semua persoalan dilapangan sebenarnya mudah dan bisa diselesaikan jika semua anggota TIM Pokja mau bekerja dan berinovasi dalam meyelesaikan masalah serta tetap aktif berkomunikasi dengan saya. Seharusnya ketika saya cuti Pilkada, tim tetap bekerja dan bekomunikasi dengan saya ketika terjadi masalah,” ujar Bupati Suwirta dengan nada kecewa.

 Dalam pemaparannya Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Wayan Durma mengakui sejumlah permasalahan ditemuinya dalam melaksakan program ini. Diantaranya bantuan mesin pompa pada tahun 2017 yang berjumlah 17 unit hanya terpasang 7 unit. Sisanya sebanyak 10 unit belum terpasang akibat kondisi laut yang tidak surut serta lahan pantai yang berkurang akibat terkena abrasi.

Sementara itu Kadis Tenaga Kerja dan Perindustrian Gede Kesumajaya mengaku pihaknya masih mengalami kendala dalam mengeringkan serta membuat garam lebih halus. Untuk itu dirinya sudah menganggarkan pengadaan mesin pengering/dryer  dan mesin pencacah yang sudah dianggarkan di APBD Perubahan tahun 2018. “ Untuk pengadaan mesin pencacah dan pengering  akan kami upayakan pengadaannya APBD Perubahan tahun 2018,” kata Kesumajaya

Mendapat pemaparan diatas, Bupati Suwirta perintahkan Kadis KPP untuk segera menggelar sosialisasi Program Pengembangan Garam Kusamba dengan mengundang warga dua Desa yakni Pesinggahan dan Kusamba. Serta melibatkan pihak Kantor Pertanahan untuk mengetahui keberadaan lahan milik pemerintah disekitar lokasi penggaraman untuk dimohonkan menjadi lahan penggaraman.

Kepada Dinas Kesehatan, Bupati Suwirta perintahkan untuk melakukan penelitian terhadap garam beryodium Kusamba, apakah lolos uji kesehatan dan layak untuk dipasarkan. Serta mengawasi kandungan yodium pada garam sudah sesuai standar yang ditentukan.

 Kepada Dinas Koperasi dan Perdagangan Bupati Suwirta perintahkan untuk menghitung kebutuhan pasar terhadap garam, serta konsumsi garam oleh PNS seperti pada distribusi beras lokal selama ini. Selanjutnya kedepan Pemda Klungkung akan mewajibkan semua toko modern menjual produk Klungkung seperti garam kusamba dan beras lokal. “Selama ini toko modern belum maksimal berpartisipasi menjual produk lokal Klungkung. Padahal produk lokal kita kualitasnya tidak kalah dengan produk luar, nanti saya akan siapkan lebih dulu perangkat hukumnya,” kata Suwirta.   HUMASKLK/jim

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved