Denpasar Masuk 10 Kota Terbaik Wonderful Indonesia Torism Awards - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Minggu, 22 Juli 2018

Denpasar Masuk 10 Kota Terbaik Wonderful Indonesia Torism Awards

Jakarta,Balikini.Net - Kota Denpasar berhasil menyabet dua penghargaan terbaik pada Penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018, Jumat malam, (20/7) yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata RI. Denpasar berhasil mengungguli kota-kota besar lainya dari 34 Kota /Kabupaten Provinsi yang ada di Indonesia. Sebagai jantungnya pulau Bali, Denpasar meraih penghargaan 10 Kota Terbaik Nasional dan sebagai Kabupaten/Kota Terbaik di Provinsi Bali dalam performansi, inovasi dan komitmen membangun pariwisata daerah.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya bersama Staf Ahli Aparatur dan Pelayanan Publik Kemendagri, Dr Reydonnyzar Moenek yang diterima Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara.

Menpar, Arief Yahya mengatakan penghargaan atau award ini memiliki makna pada unsur 3C yaitu calibration (kalibrasi), confidence (kepercayaan diri) dan credibility (kredibilitas). "Ini bisa dijadikan sebagai tolok ukur bahwa para pemenang dalam ajang ini dimana sadar wisata dan komitmen kabupaten kota dalam program sustainable tourism development di daerahnya masing-masing," pungkasnya.

Ketua Dewan Juri Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 Didien Junaedi mengatakan, ada 4 indikator antara lain ‘penghargaan internasional dan nasional’. Untuk penghargaan nasional di antaranya memasukkan award ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Award) yang diselenggarakan oleh Kemenpar. “Indikator penilaian yang masing-masing memiliki bobot berbeda. Pertama, kinerja usaha pariwisata (akomodasi dan makan minum): PDRB dan tenagakerja, serta dampak/outcome. Serta (Data Statistik BPS) dengan bobot 40%. Kedua, Indeks Pariwisata Indonesia: daya sain 30%. Ketiga, Indonesia’s Attractiveness Award: dimensi pariwisata 15%, dan Keempat; Penghargaan Internasional dan Nasional (Kementerian/Lembaga) 15%,” ujarnya.

Didien juga menyampaikan terdapat 134 kabupaten/kota terbaik di bidang pariwisata di Indonesia. Dan dari jumlah tersebut dipilih top-10 kota terbaik, top-10 kabupaten terbaik, dan top-1 dari masing-masing provinsi di Indonesia. Dimana Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 merupakan bentuk penghargaan kepada Kabupaten atau Kota yang memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah. Serta merupakan apresiasi bagi Pemerintah Daerah memiliki peran yang sangat besar untuk mengembangkan pariwisata daerah.

Sementara Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara merasa bangga dan senang atas penghargaan yang diraih Kota Denpasar di ajang bergengsi ini. Hal ini tak lepas dari dukungan seluruh steakholder pariwisata di Kota Denpasar baik masyarakat, pemerintah yang terus berinovasi, pelaku usaha serta para wisatawan untuk selalu memaksimalkan pertumbuhan pariwisata di Denpasar. selain itu, dukungan maksimal masyarakat dalam pengembangan Kelompok Sadar Wisata (Podarwis) juga menjadi indikator penting kemajuan pwrisisata di Kota Denpasar.

"Kita meraih dua penghargaan. Pertama, kita masuk 10 besar untuk kota terbaik pariwisatanya secara nasional, dan kita mendapatkan penghargaan untuk kota terbaik di Bali. Sebagai daerah tujuan wisata, potensi wisata yang ditawarkan Denpasar memang sangat beragam. Mulai dari wisata sejarah, budaya, kuliner, dan tradisi yang dikemas dalam Denpasar Heritage City Tour," ungkapnya

Adapun 10 Kota terbaik nasional ditempati oleh Kota Denpasar, Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Batam, Kota Yogyakarta, Kota Padang, Kota Makassar, Kota Balikpapan, Kota Palembang. (ays’/r3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net