-->

Senin, 02 Juli 2018

GUNUNG AGUNG KEMBALI ERUPSI WARGA PANIK

GUNUNG AGUNG KEMBALI ERUPSI WARGA PANIK

Karangasem,Balikini.Net - Ratusan warga yang tingal di lereng Gunung Agung yang sempat kembali ke rumah setelah mengusi sebelumnya panik menyusul kembali terjadi erupsi G. Agung, Bali pada tanggal 02 /7/ 18 pukul 21:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi ± 7 menit 21 detik. selain itu kobaran api yang cukup besar juga termati dari kejauhan .

Erupsi terjadi secara Strombolian dengan suara dentuman. Lontaran lava pijar teramati keluar kawah mencapai jarak 2 km juga membuat  ratusan warga kembali mengungi mencari tempat yang aman  meski Gunung Agung telah memuntahkan lava namun setatus gunung agung masih di nyatakan dalam status Level III .

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung diharapkan selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi.[tim/r5]


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved