-->

Kamis, 26 Juli 2018

Hadiri Rakornas TPID Tahun 2018

Hadiri Rakornas TPID Tahun 2018

Jakarta, Balikini.Net - Presiden RI, Joko Widodo secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IX Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Tahun 2018 yang diselelenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) dengan pemukulan gong, Kamis (26/7) di hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Rakornas yang mengusung tema 'Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif serta Berkualitas'. Dalam kegiatan tersebut juga hadir Wakil Walikota Denpasar, I.G.N Jaya Negara didampingi Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta, dan Kabag Ekonomi, I Made Saryawan.

Dalam arahanya, Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala daerah yang hadir. Sebab menurutnya, capaian inflasi yang rendah dalam tiga tahun terakhir yakni berada di bawah angka 4% tidak terlepas dari kinerja semua pihak termasuk kepala daerah.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas capaian inflasi. Segenap anggota TPID. Karena selama empat tahun kita betul betul bisa menekan inflasi pada angka dibawa 4%,”ucapnya.

Menurut Jokowi, upaya-upaya pengendalian inflasi ini harus terus dilakukan. Khususnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah yang harus terus ditingkatkan. "Ini harus terus dilanjutkan karena saya lihat kordinasi pusat dan daerah semakin baik. Ada satgas pangan di pusat dan daerah kerja dengan baik," jelasnya.

Lebih lanjut Jokowi meminta agar perdagangan antar daerah bisa lebih ditingkatkan kembali. Artinya, jika ada satu daerah yang mengalami kekurangan stok pangan, maka daerah lain yang surplus stok bisa menjualnya ke daerah tersebut.

“Perdagangan antara daerah penting sekali, ada provinsi yang kurang ada yang lebih. Tolong harus ngerti posisinya sehingga kalau daerah kurang daerah lain langsung dipasok karena sering daerah produksi gede daerah lain kurang, satu inflasi tinggi, satu kebanyakan barang ini perlu dijaga,”pungkasnya.

Sementara  Wakil Walikota, Jaya Negara ditemui usai kegiatan mengatakan, penyelenggaraan Rakornas TPID ini tiap tahunnya adalah bagian dari sinergi antara penentu kebijakan terkait pengendalian inflasi di tingkat pusat maupun daerah. Rakornas ini merupakan langkah strategis yang dilakukan secara terpadu untuk menghadapi berbagai potensi tekanan inflasi yang dihadapi di setiap daerah.

 “Sesuai dengan tema Rakornas TPID ini yakni mempercepat pembangunan infrastruktur untuk mewujudkan stabilitas harga dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta berkualitas, kami ingin berkontribusi positif membangun sinergitas disegala lini dan pemangku kepentingan dalam menjaga daya beli masyarakat dan menopang pertumbuhan ekonomi yang nantinya sudah barang tentunya bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” kata Jaya Negara. (Ngurah /r4)




Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved