Raperda Tentang Pemakaian Tanah, Dewan Komit Jaga Kelsetarian Subak - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Selasa, 24 Juli 2018

Raperda Tentang Pemakaian Tanah, Dewan Komit Jaga Kelsetarian Subak

FOTO: Ketut Tama Tenaya
DENPASAR, Balikini.Net - Pansus Raperda Tentang Pemakaian Tanah Penguasaan Pemerintah Daerah DPRD Bali terus menggodok materi yang akan dicantunkan dalam Perda. Salah satu yang saat ini ditekankan oleh Pansus yakni terkait pelestarian subak.

“Tinggal harmonisasi saja, karena itu merupakan revisi Perda Nomor 2 Tahun 1992. Yang lebih kita tekankan pada proteksi terkikisnya lahan pertanian. Ini untuk mempertahankan kelestarian subak,” ujar Ketua Pansus Ketut Tama Tenaya saat dikonfirmasi, Minggu (22/07/2018).

Bukan hanya itu saja, dalam Perda nantinya juga diatur tentang sewa kontrak terhadap aset tanah milik Pemerintah Daerah. Dimana, sewa kontrak akan berdasarkan zona. “Untuk sewa kontrak juga diatur melalui zona-zona sesuai daerah strategis dengan Pergub (Peraturan Gubernur). Sejatinya, Perda ini ruang lingkupnya meliputi pendataan, penggunaan, pelestarian, dan pembinaan yang diatur dalam Pasal,” terangnya.

Meskipun begitu, Perda tak mengatur persoalan aset khususnya tanah yang sedang bersengketa. [wp/r6]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net