sponsor

Breaking News

Bali Kini

Bali Nu Ada

Kabar Nasional

Kabar Internasional

Budaya

Technology

» » Tanggapi Situasi Gunung Agung Pemkab Karangasem Diminta Proaktif

FOTO: Gusti Putu Widjera
DENPASAR, Balikini.Net - Anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Kabupaten Karangasem Gusti Putu Widjera meminta Pemkab Karangasem proaktif mengikuti situasi erupsi Gunung Agung. Sedangkan kepada masyarakat di kawasan rawan bencana (KRB) diimbau tidak panik menghadapi peristiwa yang tak bisa diduga itu.

Namun demikian, Widejera meminta warga di kawasan KRB segera mengungsi ke daerah yang telah ditentukan pihak berwenang. "Saya meminta kepada masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Agung terutama di zona III untuk tidak panik, dan ketika terjadi erupsi Gunung AGung tersebut untuk segera melakukan pengungsian ke daerah yang telah diarahkan petugas BPBD setempat. Pemkab juga harus proaktif," kata Gusti Widjera dikonfirmasi dari Denpasar, Selasa (3/7).


Ia mengatakan masyarakat di zona KRB tersebut agar selalu waspada dan tidak panik, sehingga proses evakuasi warga menuju zona aman bisa dilakukan dengan lancar.


Menurut Gusti Widjera, jika dalam menghadapi kejadian alam tersebut (Gunung Agung erupsi) dengan tenang, maka proses evakuasi masyarakat ke zona aman akan berjalan lancar.


Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang menjadi KRB. Sehingga warga tersebut diharapkan mengikuti aturan yang telah diarahkan petugas jika mengungsi.


"Siap siaga telah dilakukan para petugas dalam melakukan evakuasi pengungsi jika sewaktu-waktu gunung tersebut erupsi. Seperti yang terjadi pada Senin (2/7) malam, petugas telah melakukan koordinasi juga dengan para relawan yang ada di daerah KRB untuk menyelamatkan warga setempat," ucapnya.


Lebih lanjut, Gusti Widjera juga geram jika masih ada oknum iseng di media sosial (medsos) dengan mengunggah informasi, foto maupun video hoax terkait erupsi gunung tertinggi di Bali itu. Ia berharap, aparat kepolisian segera menindak pemilik akun medsos jika melakukan hal itu.

Medsos, kata dia, dewasa ini memiliki peran yang sangat vital sebagai bahan informasi yang bisa dikonsumsi dengan cepat oleh semua kalangan. Jika digunakan dengan baik, medsos sangat membantu kehidupan manusia, termasuk terkait peristiwa kebencanaan. “Saya berharap tidak ada lagi hoax terkait erupsi Gunung Agung, karena hanya memperkeruh suasana,” tutup Gusti Widjera. [wp/r4]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net