Tolak Bala Gelombang Pasang Ratusan Tari Rejang Ratu Segara Dipentaskan - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Jumat, 27 Juli 2018

Tolak Bala Gelombang Pasang Ratusan Tari Rejang Ratu Segara Dipentaskan

TABANAN ,Balikini.Net - Ratusan penari tari Rejang Ratu Segara di pentaskan di Tanah Lot pada jumat 27/7/18  selain sebagai penolak bala terhadapat kelombang pasang yang menerja kawasan pantai selatan dalam bulan terhair ini . 

Ratusan penari rejang Ratu Segara ini juga nantikanya akan di terjunkan untuk untuk mengajarkan 1800 penari yang akan di pentakan pada tgl 18 agustus mendatang .

Untuk mensukseskan ritual Tari Rejang Ratu Segara Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti juga  memohon pasupati di Pura Luhur Tanah Lot , Selain memohon pasupati dengan bersembahyang di Pura Luhur Tanah Lot, Bupati Eka juga akan melakukan beberapa ritual. jika nanti kalau ada penari yang tidak kuat atau mengalami kerauhan, dibiarkan begitu saja. Sebab saat mereka menari tidak boleh yang lain ikut goyah, serta tidak boleh ada yang mengambil penari yang kerauhan tersebut.“Tarian ini sakral jika nanti ada yang kerauhan diharapkan jangan di pegang  karena itu kehendak beliau ” ujarnya .

Bupati Eka Wiryastuti usai sembahyang di Pura Luhur Tanah Lot memohon pasupati. Dikatakanya,  saking sakralnya sebelum dipentaskan akan ada upacara khusus. Termasuk dirinya juga pada H-3 pementasan akan melaksanakan persembahyangan keliling memohon restu atau mepekeling supaya pementasan berjalan lancar.[tbn/r4]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net