10 OPD Pemkab KLungkung Dievaluasi Inspektorat Provinsi Bali - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Rabu, 29 Agustus 2018

10 OPD Pemkab KLungkung Dievaluasi Inspektorat Provinsi Bali

Klungkung,Balikini.Net - Bupati klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyambut rombongan tim Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dari Inspektorat Provinsi Bali dengan tujuan mengevaluasi implementasi SAKIP pada Pemkab Klungkung yang dipimpin Inspektur Provinsi Bali I Wayan Sugiada, SH, MH bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala pada rabu (29/8).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan SAKIP merupakan salah satu sistem untuk mengetahui akurasi atau kebenaran dari pada implementasi pelaksanaan kinerja OPD Di Lingkungan Pemkab Klungkung.

Bupati Suwirta mengharapkan kepada tim evaluasi disamping melakukan pemeriksaan dan pengawasan, tentunya tim evaluasi dapat melakukan pembinaan kepada OPD dilingkungan Pemkab Klungkung untuk kesempurnaan daripada laporan-laporan maupun perencanaan atau integrasi perencanaan, penganggaran, pengawasan dan pelaksanaannya, sehingga secara keseluruhan Pemeritahan di Lingkungan Provinsi/Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Bali dapat memberikan laporan kinerja yang semakin baik dan dapat menghasilkan output yang maksimal untuk kesejahteraan masyarakat.


Ketua Rombongan Tim Evaluasi, Inspektur Provinsi Bali I Wayan Sugiada, SH, MH  dalam sambutannya menyatakan komponen Evaluasi akuntabilitas kinerja yang dievaluasi antara lain, Perencanaan, pelaporan, pengukuran,evaluasi dan capaian kinerja dari masing – masing OPD dilingkungan pemerintahan Provinsi/Kota/Kabupaten. 

I Wayan Sugiada mengingatkan bahwa dalam menyusun laporan SAKIP terdapat enam (6) indikator yang perlu dicermati antara lain, apakah indikator kinerja sudah memenuhi unsur SMART, yaitu Spesifik (jelas), Measureable (dapat diukur), Archievable/Attainable (dapat diraih), Relevant (relevan dengan kinerja yang ingin diukur), Time Bound (memiliki batasan waktu pengukuran).

Adapun lima (5) indikator lainnya, yakni pertama, apakah Indikator Kinerja Umum (IKU) sudah dipakai acuan atau dasar dalam pembuatan Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja) / Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Perjanjian Kinerja (PK) dan  Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) / Daftar Penggunaan Anggaran (DPA), Kedua, apakah sasaran dan indikator kinerja telah selaras antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja)/Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/ Daftar Penggunaan Anggaran (DPA), Perjanjian Kinerja (PK) dan Laporan Kinerja lnstansi Pemerintah (LKjlP), ketiga, apakah Laporan Kinerja lnstansi Pemerintah (LKjlP) sudah menyajikan perbandingan, analisis keberhasilan/kegagalan, analisis efesiensi dan efektivitas program/kegiatan, analisis kendala, dan hambatan serta solusi kedepannya, empat, apakah sudah dilakukan pengintegrasian antara perencanaan kinerja dengan system pengangaran, kelima, apakah system monitoring dan evaluasi telah dilakukan secara berkala dan mampu memitigasi resiko tidak tercapainya kinerja.

Turut hadir dalam kegiatan evaluyasi SAKIP yakni, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, beserta para Kepala OPD Di Lingkungan Kabupaten Klungkung dan undangan terkait lainnya. Sample Dinas Di Lingkungan Pemkab Klungkung yang akan dievaluasi terdiri dari 10 OPD, yakni, Inspektorat Daerah Kabupaten Klungkung, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Klungkung, Dinas Liingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Klungkung, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Klungkung, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kabupaten Klungkung, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Kabupaten Klungkung, dan  Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Klungkung. (COK/r3)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net