Delema Wirausaha mampu menghasilkan Tetapi tidak Didukung Oleh Promosi - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 03 September 2018

Delema Wirausaha mampu menghasilkan Tetapi tidak Didukung Oleh Promosi

Klungkung,Balikinbi.Net -Untuk mengurangi jumlah Pengangguran dan Kemiskinan di Indoensia khususnya di Kabupaten Klungkung. Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung mengadakan Kegiatan Pengembangan dan Peningkatan Perluasan Kesempatan Kerja.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menghadiri Acara Pembukaan Pelatihan Penciptaan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Madiri melalui Pola Pendampingan bertempat di Banjar Pasekan, Desa Dawan Kaler Klungkung pada Senin (3/9).

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusuma Jaya dalam Laporannya menyatakan Kegiatan Penciptaan Wirausaha baru Tenaga Kerja mandiri melalui pola Pendampingan merupakan rangkaian dari kegiatan Pengembangan dan Peningkatan Perluasan kesempatan kerja yang diantaranya terdapat kegiatan wirausaha baru.

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat Pengangguran, setengah menganggur, masyarakat kurang mampu, lansia, disabilitas, dan purna tugas agar mereka mampu berusaha untuk menjadi mandiri.

Kegiatan ini diikuti oleh 4 kelompok, yakni 2 kelompok berasal dari Kecamatan Klungkung Kerajinan Lontar yang terdapat di banjar Besang Kelurahan Semarapura Kaja dan Kelompok pembuatan jajan Bali dari Banjar Sengguan Kelurahan Semarapura Kangin. 2 kelompok lagi berasal dari Kecamatan Dawan, yakni kelompok pembuatan kripik ceker ayam dari Dusun pasekan Desa Dawan Kaler, dan Kelompok Pembuatan Tali Ijuk bernama Ngilur Bhuwana Sente dari Dusun Sente Desa Pikat.

Jumlah anggota pada setiap kelompok sebanyak 20 Orang. Para Instruktur berasal dari wilayah masing-masing kelompok usaha yang usahanya sudah berkembang. Pelatihan dilakukan dimasing-masing banjar asal kelompok, selama 3 hari, dimulai dari hari selasa 4 sampai dengan 6 September 2018. Anggaran Kegitaan bersumber dari Dana Tugas Pembantuan (TP) Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga KErja danPErluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Tahun 2018.

Direktur Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Rahmawati Yaunidar, SE, M.M dalam sambutannya mengatakan pengembangan dan perluasan kesmepatan kerja meallui penumbuhkembangan kewirausahaan masih terbuka luas, serta mampu memberikan tingkat penghidupan yang baik bagi pelakunya.

Selama kurang lebih 3 hari  nanti para peserta pelatihan mendapatkan pelatihan untuk menjadi wirausahawan yang memiliki strategi dan teknik untuk membangkitkan motivasi dan etos kerja, kemampuan untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha yang akan didirikan.

Pelatihan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga, sehingga hendaknya para peserta dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena tidak hanya memberikan pembekalan teknis, akan tetapi juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan para peserta secara konprehensif. Dan jadikan kegiatan pelatihan ini, sebagai kesempatan kepada para peserta untuk saling tukar pengalaman sesame peserta dan narasumber, sehingga melalui pembekalan ini akan ditemukan formulasi dan metode-metode yang baru untuk kemudian dijadikan modal besar dalam berwirausaha.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, dalam sambutannya menugaskan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung agar hasil dari pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari, dimulai dari hari selasa 4 sampai dengan 6 September 2018 agar dibantu dalam proses pemasarannya. “Akan percuma apabila wirausaha mampu menghasilkan produk tetapi tidak didukung oleh promosi yang baik”, Ujar  Wabup Kasta. Wabup Kasta berharap agar peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan tertib, sehingga ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini dapat diterapkan di desa-desa di Kabupaten Klungkung, dengan tujuan untuk menekan jumlah pengangguran dan kemiskinan yang ada di Kabupaten Klungkung. “ Melalui Kegiatan Pelatihan ini, mari ciptakan lapangan pekerjaan”, Tambah Wabup Kasta.

Seusai memberikan Sambutan, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyerahkan bantuan alat bantu produksi secara simbolis kepada perwakilan Peserta pelatihan, diikuti Direktur Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Rahmawati Yaunidar, SE, M.M. dan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusuma Jaya, serta Camat Dawan Anak Agung Gede Putra Wedana ikut menyerahkan bantuan berupa alat bantu produksi secara simbolis kepada Peserta pelatihan. Dalam Acara Pembukaan Pelatihan tersebut turut hadir, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Klungkung I Wayan Parna, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana, Kasat Pol PP Kabupaten Klungkung Putu Suarta, Perbekel Desa Dawan Kaler I Kadek Sudarmawa, undangan terkait lainnya dan masyarakat setempat. (Cok/r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net