Jelang Akhir Panen, Harga Jeruk Mulai Naik - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 10 September 2018

Jelang Akhir Panen, Harga Jeruk Mulai Naik

Bangli,Balikini.Net -Bagi petani yang belum panen jeruk, sudah tentu mulai bisa tersenyum. Pasalnya, sejak beberapa pekan ini harga jeruk mulai mengalami kenaikan. Saat ini harga jeruk ditingkat petani telah mencapai Rp 6 ribu per kilo.

I Nengah Kantun salah seorang petani asal Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani, Minggu (09/09/2018) mengatakan harga jeruk  sejak beberapa pekan ini telah mengalami kenaikan dari Rp 3 ribu per kilo menjadi Rp 6 ribu per kilo. “Harga jeruk sudah mulai naik, namun sayangnya kenaikan harga ini dikahir masa panen. Jadi tidak banyak petani yang menikmatinya,”jelas Kantun.

Menurut dia, dengan harga Rp 6 ribu per kilo petani telah mendapatkan keuntungan. Dia mengaku beruntung karena belum panen sehingga  ketemu dengan harga yang lebih bagus.  Sementara sebelumnya, banyak petani yang telah penen semasa harga jatuh sehingga mereka merugi. “Kita memang sering dihadapkan dengan situasi sulit. Kalau tidak dipanen saat harga jatuh, maka buah jeruk akan membusuk, sementara kalau dipaksa panen maka ongkos produksi tidak tertutupi,”akunya.

Hal senada juga disebutkan petani jeruk asal Mangguh I Nengah Selamat.  Memang harga jeruk belakangan ini telah mulai membaik ketimbang beberapa bulan sebelumnya. Namun sayangnya, dirinya mengaku tidak menikamti harga bagus. Pasalnya, jeruk yang ada dikebunnya sudah terjual. “Kalau dibiarkan dikebun maka jeruk akan rontok. Jadi biar tidak rugi total, maka kita terpaksa memanennya”pungkasnya. [ag/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net