Rai Mantra Hadiri Acara Nyekah Kawitan Pande Toja - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Sabtu, 08 September 2018

Rai Mantra Hadiri Acara Nyekah Kawitan Pande Toja

Denpasar,Balikini.Net - Pelaksanaan Upacara Atma Wedana (Nyekah) dan Melaspas Pura Batur Kawitan Pande Tonja dihadiri Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra, Sabtu (8/9). Kehadiran Rai Mantra didampingi Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Bagus Mataram, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar Raka Purwantara dan Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodra, yang berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan upacara ngajum oleh karma pura setempat.  

“Kami mengapresiasi kekompakan krama di Pura Batur Kawitan Pande Tonja dalam pelaksanaan upacara kali ini, hal ini harus terus dipupuk dalam setiap kebersamaan pelaksanaan upacara,” ujar Rai Mantra. Lebih lanjut Rai Mantra juga mengajak krama setempat untuk turut serta dalam membangun Kota Denpasar. Baik dalam menjaga kebersihan serta partisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan setempat.

Sementara Ketut Ardana panitia Upacara Atma Wedana (Nyekah) dan Melaspas Pura Batur Kawitan Pande Tonja mengatakan bahwa kegiatan upacara ini diikuti 60 sekah, serta 131 orang dalam pelaksaan upcara mepandes. Krama kawitan yang mengikuti upacara ini tidak saja dating dari Kota Denpasar, namun juga datang dari Kabupaten Tabanan, Gianyar, Karangasem, serta Kabupaten Badung. “Dominan krama dari Denpasar yang turut serta dalam pelaksanaan upacara ini, namun juga kami memberikan kesempatan kepada krama kawitan yang ingin mengikuti pelaksanaan upacara ini,” ujarnya. Sementara dijelaskan terkait dengan pelaksanaan upacara yang telah diawali sejak Bulan Agustus lalu. Dari persiapan pembuatan Piyadnyan  hingga persiapan perlengkapan upacara lainnya. Nuasen Karya dilaksanakan pada tanggal  2 September, yang dilanjutkan di tanggal 4 September dengan Ngingsah Beras, pada tanggal 5 Sepetember upacara Ngulapin ring Segara. Sementara pelaksanaan Ngangget Don Bingin hingga Mekalan-kalan bagi warga yang akan Mepandes yang dilanjutkan pada tanggal 7 September dengan upacara Mepandes bertempat di Pura Batur Pande Tonja. “Tanggal 8 ini kegiatan Ngajum yang dipuput Ida Shira Empu Dharma Sunu, Gria Pande Tonja yang juga disaksikan langsung Walikota Rai Mantra dan jajarannya, serta kami selaku perwakilan Krama mengucapkan terima kasih atas perhatian bapak Walikota,” ujarnya. (Pur/r3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net