Bulan Bahasa Bali, Pemprov Alokasikan Rp 1 Miliar - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 08 Oktober 2018

Bulan Bahasa Bali, Pemprov Alokasikan Rp 1 Miliar

DENPASAR, Balikini.Net - Dalam rangka persiapan Bulan Bahasa Bali pada Bulan Februari mendatang, DPRD Bali menggelar sarahesan dengan beberapa komponen masyarakat dan penyuluh Bahasa Bali. Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali telah ditetapkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 80 Tahun 2018 Tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Akasara, dan Sastra Bali.

Ketua Komisi IV DPRD Bali Nyoman Parta mengatakan bahwa setiap Bulan Februari akan ditetapkan sebagai Bulan Bahasa Bali. "Ini dalam rangka persiapan Bulan Bahasa Bali. Didalam Perda sudah dinyatakan sebagai Bulan Bahasa," ujar Parta saat ditemui di Wantilan DPRD Bali, Minggu (07/10/2018). 

Menurutnya, perlu adanya pertemuan untuk mengetahui maksud dari pelaksanaan Bulan Bahasa Bali yang akan dimulai pada Bulan Februari 2019 mendatang. Salah satu yang paling pokok adalah soal pendanaan. Setidaknya, Pemprov Bali telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 1 Millyar. "Telah mengatur persoalan pembiayaan acara itu, baik di provinsi dan kabupaten. Karena mereka (penyuluh) berasal dari seluruh Bali perlu tahu ada Pergub dan Perda seperti itu," terangnya.

Secara teknis, Parta meminta agar para penyuluh tersebut segera berkomunikasi dengan Kepala Desa setempat. Program-program yang dilaksanakan dalam Bulan Bahasa Bali antara lain Festival, Lomba Memimpin Rapat menggunakan Bahasa Bali, Memadit, Olimpiade dan Aplikasi. 

Baginya, Bahasa Bali perlu juga mengikuti perkembangan teknologi. Maka dari itu, penerapan dalam aplikasi Bahasa Bali bisa menjadi salah satu solusi. Begitu juga dengan adanya Lembaga Bahasa Bali juga telah disahkan oleh Gubernur Bali.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan seperti ini, kelestarian Bahasa Bali bisa terus lestari dan kuat di Pulau Seribu Pura. "Ke depan, Bahasa Bali bisa semakin kuat dan lestari," pungkas dia.[rls/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net