Dalam Melaksanakan Yadnya harus dilandasi dengan hati yang tulus ikhlas - Bali Kini

Bali Kini

https://www.voaindonesia.com

Breaking News

Senin, 15 Oktober 2018

Dalam Melaksanakan Yadnya harus dilandasi dengan hati yang tulus ikhlas

Klungkung ,Balikini.Net - Agar dalam melaksanakan berbagai jenis yadnya, harus dilandasi hati yang tulus ikhlas”, ujar Bupati klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Jaya ketika Menghadiri Upacara Karya Mamungkah, Mendem Pedagingan, Ngenteg Linggih, Panca Rupa, Panca Kelud, Wraspati Kalpa Agung bertempat di Pura Dalem Banjar Adat Seming Desa Ped. Pada hari Sabtu (13/10).

Ketua panitia, Nyoman Intaran menyatakan Kegiatan ini diawali dengan kegiatan matur piuning, Maguru Piduka, dan Nanceb Taring di Pura Dalem Banjar Adat Seming Desa Ped, pada Rabu, 12 September 2018 yang dipuput oleh Pemangku setempat. 

Pada sabtu, 13 Oktober 2018 diadakan kegiatan mlaspas/Rsi Gana dan mendem pedagingan yang dipuput Ida Pandita Nabe Rsi Agung Dwijaksara dari Gria Purna Ashram Kutampi. Pura dalem br. Seming desa Ped ini diempon oleh 49 KK. Dalam melaksanakan Upacara ini, masing-masing KK dikenai sumbangan dana sebesar 5 Juta rupiah.

Bupati klungkung I Nyoman Suwirta juga mengharapkan agar masyarakat Klungkung dalam melaksanakan berbagai jenis yadnya, dapat melaksanakannya dengan hati, yang tulus ikhlas, agar yadnya yang sudah atau sedang berlangsung dapat memberikan berkah berupa kesejahteraan dan kerahayuan bagi masyarakat Klungkung. 

Bupati Suwirta juga mengharapkan kepada Masyarakat di Kecamatan Nusa Penida, agar bisa menjadi lebih kreatif dalam mengelola sumber daya yang ada, jangan hanya memanfaatkan sumber daya alam dari sektor laut saja tetapi manfaatkan juga dari sektor lainnya, dengan tetap  mempertahankan adat dan budaya setempat. 

Dihari yang sama, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Jaya, menghadiri beberapa kegiatan Yadnya yang terdapat di Nusa Penida, diantaranya upacara melaspas, mendem pedagingan, Caru Panca Sanak  Meyama Raja, Mepedudusan Madya, Nyenuk, mekebat Daun, Mangun Ayu bertempat di paibon Nusa Karang, Griya, Desa Pakraman Karang Desa Pejukutan, Upacara Karya memungkah, Ngenteg Linggih, Nubung Pedagingan Lan Wraspati Kalpha Ring Pura Paibon Pasek Gelgel Desa Pakraman Wates Desa Tanglad, serta menghadiri upacara pitra Yadnya yakni ngaben di Desa Sekartaji. (cok).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net