-->

Kamis, 18 Oktober 2018

Kota Gorontalo "Contek" Revitalisasi Sungai Denpasar

Kota Gorontalo "Contek" Revitalisasi Sungai Denpasar

Denpasar,Balikinbi.Net - Keberhasilan Pemkot Denpasar dalam peningkatan infrastruktur khususnya revitalisasi sungai mendapat apresiasi dari Pemkot Gorontalo. Kehadiran rombongan Pemkot Gorontalo di Kota Denpasar dipimpin langsung Walikota Gorontalo, Marten Taha, Kamis (18/10) melaksanakan study banding tentang pengembangan infrastruktur perkotaan yang diterima Plt. Kadis PUPR Kota Denpasar, I Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta bersama jajaran di Kantor DPUPR Kota Denpasar. Selain melakukan dikusi seputaran infrastruktur perkotaan, rombongan Pemkot Gorontalo juga sempat mengunjungi MPP Sewaka Dharma, dan Damamaya Cyber Monitor.

“Sebagai sesama daerah perkotaan tentu ada kemiripan, dari Kota Denpasar kami ingin melihat sekaligus mempelajari tata cara pengembangan infrastruktur perkotaan utamanya sempadan sungai yang kini dapat dimanfaatkan sebagai obyek wisata di baru perkotaan,” ujar Walikota Gorontalo Marten Taha.

Lebih lanjut, Marten Taha mengatakan bahwa Kota Gorontalo yang baru berdiri sejak 2001 silam ini masih memerlukan pengembangan infrastruktur dalam mendukung kemajuan kota. Sehingga, dengan demografi yang dimiliki saat ini menyerupai Kota Denpasar.

Selain itu, keberhasilan penataan sungai di Denpasar tentu sangat efektif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola sungai bersih. Dimana, sungai bukan lagi menjadi lokasi pembuangan sampah dan limbah, melainkan tempat yang harus bersama-sama kita jaga dan dapat memilikin nilai tambah secara berkelanjutan. “Dengan mencoba menerapkan penataan sungai ini di Kota Gorontalo diharapkan dapat mengubah pandangan masyarakat bahwa sungai bukan lagi tempat sampah dan pembuangan limbah, melainkan tempat yang harus dijaga sebagai sector penting peradaban,” ungkapnya.

Pihaknya juga turut mengapresiasi MPP Kota Denpasar yang memberikan pelayanan lengkap dan mudah. Sehingga masyarakat tak lagi harus bolak balik dalam pengurusan berkas dan berada dalam satu atap dengan terintegrasi satu sama lainya. “Selain infrastrutur, Pelayanan Publik ini juga menjadi salah satu referensi baru bagi kami untuk bisa diterapkan di Gorontalo guna memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat, selain itu layanan Pro Denpasar plus dengan pengaduan dan pelayanan secara online juga menjadi salah satu inovasi yang patut ditiru bagi kota yang lambat laun akan memasuki era digitalisasi,” jelasnya.

Sementara, Plt. Kadis PUPR Kota Denpasar, I Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta mengaku bangga keberhasilan Kota Denpasar dalam segala bidang mendapat apresiasi dari beragam kalangan. Hal ini tak lepas dari ide kreatif Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara yang fokus membangun infrastruktur guna memberikan pelayanan prima sebagai upaya meningkatkan kebahagian menuju kesejahteraan rakyat.

Jimmy menambahkan, saat ini ada beberapa infrastruktur yang ditata Pemkot Denpasar seperti halnya Taman Kota, Youth Park, Extream Park, Taman Lalu Lintas, Taman Kumbasari Tukad Badung, Tukad Loloan Mertasari, Tukad Bindu, Tukad Tag-tag, dan masih banyak lainya yang kedepan akan terus ditingkatkan. “Seluruh pengembangan infrastruktur dan penataan sungai akan terus dikembangkan sehingga dapat menjadi obyek wisata baru perkotaan dalam upaya meningkatkan kebahagian masyarakat,” pungkasnya. (ays’/ags/r5).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved