-->

Minggu, 28 Oktober 2018

Pagelaran Genjek Kolosal Pecahkan Rekor Muri

Pagelaran Genjek Kolosal Pecahkan Rekor Muri

Karangasem,Balikini.Net  - Para pemuda kalangan pelajar dan pegawai OPD Kab. Karangasem megenjekan di Taman Soekasada Ujung meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), Minggu (28/10/2018). Genjek yang meraih rekor Muri tahun ini merupakan Pagelaran Genjek Kolosal  yang kedua dengan jumalah peserta 18.012. Pagelaran pertama ditahun 2016 dengan peserta 15.361 orang. 

Para peserta genjek terdiri dari para pelajar SMP, para remaja dan tokoh masyarakat yang bekerja disegala lapisan, berasal dari seluruh pelosok desa dan para pegawai pns dan non pns di Pemkab Karangasem. 

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Sumatri sangat mengapresiasi semangat seluruh masyarakat Karangasem yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Hal inilah pada akhirnya membuat Festival Genjek Kolosal berhasil meraih Rekor Muri.

Mas Sumatri berharap,  melalui Pagelaran Genjek Kolosal ini diharapkan mampu memberikan semangat Nasionalisme dan Kebinekaan serta persatuan dikalangan pemuda  di Indonesia khususnya di Karangasem. Pagelaran ini diharapkan mampu menumbuh kembangkan semangat kebersamaan dan gotong royong para pemuda dan masyarakat dalam membangun Karangasem untuk mewujudkan KARANGASEM CERDAS, BERSIH DAN BERMARTABAT BERLANDASKAN TRI HITA KARANA. 


"Dapat kami sampaikan bahwa Pagelaran ini merupakan wujud kegotong royongan masyarakat karangasem baik instansi pemerintah, swasta dan masyarakat. Untuk itu Kepada semua pihak yang sudah bersatu padu meluangkan waktu, pemikiran dan material untuk terselenggaranya Pagelaran Genjek Kolosal ini, Kami selaku pemerintah Kabupaten Karangasem mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya," imbuhnya 

Melalui Festival Genjek Kolosal, Ia berharap dapat mempromosikan Potensi Pariwisata dan Budaya Karangasem. Selain itu, kegiatan ini juga dapat dijadikan momentum untuk pelestarian nilai-nilai lokal untuk meperkaya budaya dan kelestarian aset pusaka Indonesia.

Sementara itu, Mentri Pariwisata RI yang di wakili oleh Prof Dr I Gede Pitana membuka secara resmi Pagelaran Genjek Kolosan ini. Ia mengatakan sangat mengapresiasi kepada pemerintah dan rakyat kabupaten Karangasem karena sudah menyelenggarakan genjek kolosal yang ke dua, yang pertama di tahun 2016 lalu.

Festival adalah suatu cara yang paling epektif untuk mendestinasi pariwisata, Karangasem mempunyai kekuatan yang luar biasa adalah dibidang kesenian khas yang tidak di temukan di kabupaten lain, Kesenian tersebut harus di lestarikan contohnya kesenian genjek seperti sekarang.
Festival genjek adalah suatu cara untuk melestarikan kesenian tradisional,Kementerian Pariwisata RI sangat berharap kepada masyarakat dan pemerintah, selain menyelenggarakan genjek seperti ini juga bisa menyelenggarakan festival  lain seperti festival gebug ende dan yang lainnya.

Festival festival seperti itu akan membuat wisatawan datang ke Karangasem, Pariwisata adalah suatu sektor yang paling cepat untuk mengurangi kemiskinan dan merepitalisasi budaya.

"Kami yakin dengan berbagai festival seperti ini akan menaikan potensi pariwisata di Kabupaten Karangasem dan Semoga festival ini bisa berjalan dngan lancar," imbuhnya. 

Sri Widayati Senior Manager MURI usai menyerahkan sertifikat MURI Genjek Kolosal yang diterima Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri,mengatakan, pihaknya secara resmi mengumumkan dan mengesahkan bahwa Festival Genjek Kolosal Karangasem secara resmi tercatat pada MURI.



"Dengan dicatatnya genjek massal ini, akan menambah harum nama Karangasem atau Bali pada umumnya di kancah Nasional maupun Internasional," imbuhnya.



Turut hadir dalam acara tersebut ,Anggota DPRRI Perwakilan Bali I Putu Supadma Rudana,DPD RI Perwakilan Bali  Dr.  Arya Wedakarna, Ketua umum jaringan kota kreatif Indonesia Fiqi Satari,Kadis Pariwisata Prov. Bali,Presiden Gong Perdamaian Dunia Prof. Dyuyoto Suntani

Direktur eksekutif JKPI,Tim musium rekor muri indonesia,Perwakilan Bupati Se-bali,Para pengelingsir puri dan tokoh masyarakat, Wabup Artha Dipa beserta Ibu, Kepala OPD se kabupaten Karangasem,Peserta Genjek Kolosal dan masyarakat Karangasem.(*)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved