-->

Kamis, 11 Oktober 2018

Pelatihan Artikel Ilmiah di IHDN Denpasar

Pelatihan Artikel Ilmiah di IHDN Denpasar

Denpasar,Balikini.Net  - Artikel ilmiah merupakan keharusan yang dibuat oleh dosen sebagai publikasi hasil penelitian atau kajian teori yang ditulis dosen. Untuk meningkatkan kualitas penulisan dikalangan civitas Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, Rabu (10/10/2018) di Aula Kampus, Jalan Ratna No. 51 Denpasar.

Artikel ilmiah kini tengah menjadi perhatian khusus Kemenristek Dikti. Kini para dosen dituntut produktif menghasilkan karya ilmiah. Namun sayangnya, jumlah dosen yang membuat artikel ilmiah masih belum signifikan.

Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra dari Universitas Udayana dan Dr. Janner Simarmata dari Universitas Negeri Medan.

Prof.  I Nyoman Darma Putra mengatakan bahwa hal penting dalam menulis adalah pahami data, berikan makna, opini, argumentasi, kritis dan gunakan kutipan untuk mendukung penulisan.

“Dan langsung ke topik, tulis yang penting secepatnya, jangan sampai menunda,” pintanya.

Sementara itu, Janner Simarmata menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah etika, gaya dan bahasa, struktur penulisan, komponen penulisan, proses pengiriman artikel, dan proses penerbitan.

“Sebelum menulis ilmiah, sebaiknya perlu mengetahui peraturan-peraturan dari penerbit jurnal yang dituju. Tiap penerbit memiliki peraturan yang berbeda-beda, “ Imbuh Janner

Begitu juga dengan struktur dan komponen penulisan. Untuk hal ini, perlu konsentrasi yang cukup tinggi karena merupakan faktor terpenting dalam menentukan karya ilmiah tersebut layak diterima atau tidak.

“Setiap detailnya harus diperhatikan betul, karena penulis biasanya banyak terkendala disini dan editor dengan sangat mudah menolak karya anda melalui tahap pengecekan struktur dan komponen penulisan,” tandasnya

Dr. I Ketut Sudarsana Ketua Panitia Pelaksana kegiatan ini berharap agar kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 75 dosen dilingkungan Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar (IHDN) ini, mampu mendongkrak dosen-dosen dalam memiliki kemampuan untuk menulis karya ilmiah yang berupa artikel yang nantinya dapat dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.

Acara pelatihan ini akan digelar selama dua hari, besok Kamis (11/10/2018) masih ada materi yang tidak kalah pentingnya yang akan dipaparkan oleh Heri Nurdiyanto yang juga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Jogyakarta.

“Materi yang akan dibahas adalah terkait sitasi, pencarian sumber ilmiah dan bagaimana menggunakan template dari setiap jurnal,” tutup Sudarsana. (js/r5)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved